Pemandian Tirta Husada: Pemandian Air Hangat yang Unik dan Berpanorama Pegunungan

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021
Pemandian Tirta Husada

Tempat wisata merupakan salah satu obyek yang pengunjungnya tidak pernah sepi dan selalu ramai. Jika di hari biasa mungkin tidak begitu banyak tetapi ketika sudah memasuki weekend pengunjungnya pun selalu ramai.

Salah satu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah pemandian Tirta Husada. Tempat pemandian ini tergolong berbeda dengan pemandian pada umumnya. Sebagaimana diketahui jika pemandian pada umumnya air yang ada selalu dingin dan jernih. Tetapi untuk pemandian satu ini air yang ada dalam keadaan hangat. Selain itu, apa menariknya pemandian satu ini?

Daya Tarik Wisata

Tempat pemandian satu ini lokasinya berada di desa Wagir, Ngebel di kabupaten Ponorogo. Mungkin kamu tidak begitu paham lokasi ini karena Ponorogo bukan merupakan kota-kota besar seperti Malang dan juga Surabaya.

Meski demikian, nuansa wisata ini sayang banget untuk kamu abaikan. Ciri khas dari wisata ini tidak lain adalah air dari tempat pemandiannya selalu hangat. Dengan adanya air hangat ini tentu akan menjadikan seseorang yang berendam menjadi sehat.

Menurut ilmu kesehatan, seseorang yang berendam di air hangat akan sangat baik sekali untuk kulit. Sehingga, kulit yang kamu miliki akan terlihat lebih kencang dan mulus. Tidak hanya itu, air hangat juga sangat baik untuk memperlancar aliran darah. Dengan ini tentu akan membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit

Air panas yang ada di wisata ini bukan merupakan air panas buatan manusia. Air panas yang ada ini merupakan murni dari alam dan bersumber dari dalam tanah. Air panas yang keluar ini juga sedikitnya mengandung kandungan belerang.

Hal menarik yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya terkait kadar panas dari wisata ini. Wisata ini menawarkan tidak hanya airnya yang panas tetapi pengunjung akan dimanjakan dengan air yang bisa dipilih sesuai kadar panasnya. Jadi pengunjung bisa memilih seperti apa kadar panas yang cocok untuk tubuhnya. Pengelompokkan ini dilakukan dengan membuat kolam-kolam kecil yang ada di tempat ini.

Tidak hanya kadar panasnya, wisata ini juga bisa dikatakan wisata yang islami. Sebab, dalam berendam di air panas antara lelaki dan wanita di pisahkan. Sehingga, mereka yang membawa pacar tidak boleh sembarangan bermesraan di tempat ini.

Daya tarik lainnya dari wisata ini adalah berendam sembari menikmati indahnya pegunungan sekitar. Hal seperti ini tentu sangat mudah untuk menghilangkan penat pada pikiran. Wisata seperti ini harusnya tidak boleh kamu lewatkan karena disampingnya menyembuhkan penyakit juga bisa menikmati indahnya pegunungan

Fasilitas dan Tiket

Untuk fasilitas yang ada disekitar tempat ini seperti halnya tempat lain yaitu ada musholla, kamar mandi, dan juga tempat makan. Semua itu disediakan agar memudahkan para pengunjung saat akan sholat dan juga makan.

Untuk tiket masuk di wisata air hangat ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 8 ribu per orang. Sedangkan pada saat weekend harganya akan naik menjadi 10 ribu. Hal ini sangat wajar karena di kala sabtu dan minggu pengunjung akan beramai-ramai menuju ke tempat ini

Itulah salah satu daya tarik dan berbagai fasilitas serta informasi tiket yang ada air panas Tirta Husada. Secara keseluruhan wisata ini memang terbilang sangat unik karena air panasnya. Selain itu, kamu akan dimanjakan dengan panorama pegunungan yang indah. Untuk informasi wisata lainnya kamu bisa kunjungi Avanda Alvin.