Liburan Ke Dieng Dari Solo Lewat Mana

  • 2 min read
  • Dec 28, 2020
Liburan Ke Dieng

Sekilas Wisatawan yang Berlibur di Dieng

Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah menjadi salah satu tempat wisata cukup populer dikalangan para wisatawan. Kerap kali para wisatawan yang berasal dari kota sekitar menjadi penyumbang pengunjung terbanyak. Termasuk wisatawan yang berasal dari Semarang, Purwokerto, Solo serta Yogyakarta. Namun wisatawan dari luar provinsi hingga dari mancanegara juga sering datang ke Dieng. Pesona alam dan budaya khas Dieng nyatanya menarik banyak mata wisatawan untuk kembali berlibur ke Dieng.

Jalur Rute Pergi Ke Dieng dari Solo

Bagi wistawan yang datang dari Kota Solo, sebenarnya banyak jalan yang bisa ditempuh untuk berkunjung ke Dieng. Dikutip dari situs Virday.com berikut ini jalur ke Dieng dari Solo melalui rute via Kota Wonosobo melalui Kecamatan Kejajar merupakan pilihan terbaik dan terdekat. Berangkat dari Kota Solo, wisatawan akan langsung menuju ke Kabupaten Wonosbo.

Jarak yang akan ditempuh oleh wisatawan, kurang lebih sekitar 180 km. Sementara estimasi waktu perjalanan yang akan ditempuh sampai 6 jam dengan kendaraan umum. Tak hanya kendaraan umu, wisatan juga dapat memakai kendaraan pribadi, sementara jalur yang akan dilalui juga sama. Namun ada jalan alternatif yang bisa dipakai. Bagi wisatawan yang memakai kendaraan pribadi, maka bisa langsung ke Kota Wonosobo melalui jalur Kejajar.

Banyak Wisatawan dari Solo Liburan di Dieng

Dekatnya jarak ke Dieng dari Solo, membuat banyak wisatawan berasal dari Solo berlibur kesini. Kebanyakan wisatawan lebih memilih datang ke Dieng menggunakan kendaraan bermotor. Cukup berbekal apilkasi peta navigasi, wisatawan dapat langsung pergi ke Dieng. Kerap kali aplikasi tersebut menawarkan jalur arltenatif, namun jika lalu lintas tengah lancar. Sebaiknya wisatawan memilih jalur utama saja, dibandingkan jalur alternatif. Biasanya waktu yang dibutuhkan oleh wisatawan, yang memaki kendaraan bermotor. Waktu yang ditempuh untuk sampai ke Dieng sekitar 5 jam.

Tips Liburan Ke Dieng Naik Motor dari Arah Solo

  1. Siapkan bekalan yang cukup, baik minuman ataupun makanan ringan.
  2. Pakai baju yang hangat serta perlengkapan lainya, seperti kaos tangan, kaos kaki ataupun penutup kepala
  3. Bawa pakaian cadangan jika perlu
  4. Waktu keberangkatan lebih baik pagi dini hari, untuk menghindari kabut dan lalu lintas yang padat
  5. Pastikan kondisi kendaraan bermotor tengah kondisi prima, mengingat jalur menuju ke Dieng banyak tanjakan terjal serta turunan yang curam.

Tips Saat Liburan di Kawasan Wisata Dieng

  1. Pakai denah wisata Dieng saat berkeliling di obyek wisata, denah bisa minta di layanan informasi dinas terkait
  2. Pakai kendaraan rental, lebih baik renatk motor untuk berpindah dari obyek wisata sat uke obyek wisata lainnya.
  3. Berkeliling di obye wisata Dieng saat pagi hari hingga siang menjelang, hal tersebut menghindari kabut yang kerap muncul saat mendung dan sore hari.
  4.  Ada baiknya pastikan cuaca saat cerah untuk keliling Dieng, segera mulai keliling pagi-pagi jangan terlalu siang sebelum berkabut.
  5. Datangi obyek wisata yang memang ingin dikunjungi, jika ingin mengunjungi semua. Wisatawan memerlukan waktu berhari-hari.
  6. Jika ingin menikmati liburan yang tenang dan santai, wisatawan lebih baik berkunjung saat di awal atau tengah pekan. Jangan saat liburan ataupun akhir pekan.
  7. Selalu jaga kondisi agar tetap fit, serta selalu memakai pakaian yang tebal dan hangat. Bila perlu memakai jaket, mengingat cuaca Dieng yang cukup dingin.