Cara Mencegah Masuk Angin dengan Tradisional

  • 2 min read
  • Jul 22, 2021
Cara Mencegah Masuk Angin

Musim hujan seperti saat ini memang jadi saat tubuh rentan mengalami penyakit. Salah satu diantaranya adalah masuk angin, apalagi ketika tubuh terkena air hujan saat beraktivitas di luar ruangan. Hal inilah yang patut untuk diwaspadai, meskipun pada dasarnya bukan penyakit yang serius. Namun kondisi masuk angin seperti ini memang sangat mengganggu, menyebabkan tubuh merasa kurang nyaman dalam beraktivitas. Kondisi masuk angin ini sebenarnya bisa dilihat dari beberapa gejala mulai dari masuk angin, sakit kepala, demam, mual bahkan juga muntah.

Cara mencegah masuk angin ini sangatlah beragam, mulai dari pengobatan menggunakan obat-obatan yang banyak dijual di pasaran. Sampai dengan alternatif pengobatan secara tradisional juga bisa dipakai untuk bisa sembuh dari penyakit yang satu ini. Beberapa orang memang lebih menyukai pengobatan secara tradisional, bukan tanpa alasan tentunya, melainkan dapat meminimalisir efek samping seperti ketergantungan obat dan sejenisnya. Berikut ini beberapa diantaranya pengobatan tradisional yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Kerokan dengan menggunakan bawang putih, banyak masyarakat Indonesia yang senang melakukan kerokan dengan tujuan untuk mengeluarkan angin yang masuk kedalam tubuh. Selain dengan uang koin, maka dapat dilakukan juga dengan menggunakan bawang putih. Mengingat pada dasarnya bawang putih ini memiliki efek vasodilatasi yang memang bisa memperlancar aliran darah dan juga memberikan efek relaksasi pada tubuh.
  2. Mengonsumsi jahe, jahe ini sudah sejak lama dikenal memiliki beragam manfaat, termasuk untuk mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan, diantaranya adalah mengobati masuk angin. Karena ia juga bisa membantu untuk menghangatkan tubuh. Caranya mudah sekali yaitu dengan menyeduhnya menggunakan air hangat, bisa ditambah dengan madu untuk menghasilkan rasa manis. Sekarang ini sudah tersedia produk jahe yang praktis digunakan, namun tidak mengesampingkan khasiatnya, bisa didapatkan dari Herbana. Bisa dibeli secara online.
  3. Konsumsi multivitamin, umumnya masuk angin ini sendiri paling rentan menyerang mereka yang kebutuhan vitaminnya kurang. Sehingga dianjurkan bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut. Jika tidak cukup hanya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Maka Anda bisa menunjangnya dengan multivitamin tambahan yang banyak dijual di pasaran.
  4. Mengonsumsi makanan yang bergizi, konsumsi makanan yang bergizi atau kaya akan nutrisi sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga nantinya Anda tidak akan mudah sakit. Juga bagus untuk pemulihan tubuh yang sedang bermasalah, seperti ketika sedang ada gejala masuk angin.
  5. Istirahat secara cukup, tubuh akan lebih rentan sakit ketika kebutuhan tidur berkurang, apalagi dalam kondisi yang kurang fit seperti terkena gejala masuk angin semacam ini. itulah mengapa penting sekali bagi Anda dalam mencukupi kebutuhan istirahat, yaitu memperbanyak waktu untuk tidur. Selama kondisi tubuh kurang begitu fit maka bed rest di rumah, tidak perlu melakukan kegiatan apapun.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan dalam menyembuhkan masuk angin, tanpa harus konsumsi obat-obatan yang banyak dijual di pasaran. Sebenarnya ada begitu banyak faktor yang menyebabkan tubuh bisa mengalami masuk angin selain kondisi cuaca yang dingin, misalnya adalah telat makan, asupan makanan yang tidak terkontrol atau tidak sehat sampai dengan kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Jangan sampai nantinya kondisi tersebut menyebabkan masalah yang lebih serius, Anda harus langsung mengurangi aktivitas dan banyak beristirahat, jaga kebersihan diri dan juga makanan yang dikonsumsi. Cara mencegah masuk angin tanpa harus ke dokter.