Pernahkah anda mendengar tentang KA Sembrani? Jika anda familiar dengan dunia perkereta apian atau bahkan pernah menaiki KA tersebut mungkin tidak asing lagi dengan kemewahan dan segala fasilitas dari KA Sembrani. Namun tidak ada salahnya kita mengenal lagi lebih dalam mengenai kereta ini.

Nama dan sejarah

PT KAI mempunyai ragam cara dalam menamakan armada-armada kereta apinya,seperti dengan nama gunung, sungai, hewan, daerah yang dilewati dan bahkan menurut sejarah tempat yang dilewati kereta tersebut. Nama gunung seperti Argo Parahyangan dan Argo Bromo, atau  sungai seperti KA Progo dan KA Cisadane. Lalu bagaimana dengan Sembrani?  Sembrani merupakan diambil dari nama hewan khayal yaitu kuda terbang. Selain Sembrani, kereta lain yang penamaannya berdasarkan nama hewan adalah Turangga yang merupakan bahasa kuno dari kuda, dan juga Taksaka yang berarti naga. 

Nama Sembrani dipilih karena legenda kuda terbang yang gagah dan merupakan salah satu alat transportasi kerajaan. Berdasar dari legenda ini maka kereta Sembrani dinamai dengan harapan menjadi alat transportasi yang kuat dan lincah seperti kuda terbang. 

Kereta Sembrani mulai beroperasi pada tahun 1995 dan mengalami beberapa kali  perubahan nama. Pendahulu kereta Sembrani yaitu yang menghubungkan antara Jakarta dengan Surabaya sudah dada yaitu kereta  Jayakarta yang beroperasi dari tahun 1954, yang kemudian beroperasi lagi dari tahun 2017 hingga sekarang. 

Sembrani sendiri dulunya bernama Mutiara Oetara yang beroperasi dari tahun 1964 ke 1965 dan kemudian aktif kembali tahun 1974 hingga tahun 1976.  Di antara  tahun tersebut Mutiara Oetara berganti nama dengan Mutiara Noord pada tahun 1965 hingga 1974. Nama Mutiara Utara dipakai kembali mulai tahun 1980 hingga tahun 1995. 

Mengapa Pilih Sembrani

Kereta Sembrani merupakan kereta kelas eksekutif yang akan membawa penumpangnya dari Stasiun Pasar Turi Surabaya hingga stasiun Gambir Jakarta dan jarak tempuhnya adalah 725km. Dengan panjang rangkaian kereta sebanyak dua belas gerbong yang terdiri dari satu lokomotif, kereta bagasi, 8 kereta eksekutif, kereta makan dan kereta Pembangkit, kereta ini sanggup menampung dan mengantarkan rata-rata hingga 1000 orang dalam tiap harinya. Kereta ini hanya beroperasi satu kali dalam sehari. Melaju dengan kecepatan 70 hingga 105 km per jam, penumpang bisa dengan cepat mencapai stasiun destinasinya. 

Pengaturan tempat duduk pada kereta sembrani ini dibagi menjadi dua yaitu eksekutif dan luxury. Lalu apa bedanya kedua jenis tempat duduk itu? Selain dua duanya terasa nyaman, pada kursi eksekutif penumpang dapat merebahkan dan memutar kursi mereka sedangkan kursi luxury penumpang bisa memutar dan merebahkan kursi hingga 180 derajat. Jadi sementara anda menunggu kereta anda mengantar ke tempat tujuan, anda bisa bersantai dan merebahkan diri. Perjalanan tidak akan terasa melelahkan.

Berbicara tentang fasilitas, penumpang yang telah membayar harga tiket yang cenderung lebih mahal tidak akan kecewa.  Hal ini karena fasilitas yang ditawarkan sepadan dengan tiket yang dibayarkan.  Untuk jarak tempuh maksimal dari Surabaya ke Jakarta maupun sebaliknya tiket menaiki KA Sembrani berkisar antara 375.000 hingga 485.000. fasilitas yang ditawarkan oleh KA Eksekutif Sembrani untuk penumpangnya adalah AC, toilet yang bersih, bagasi kabin, tempat duduk yang nyaman dan juga layanan makan di restorasi. Tempat duduk di kereta ini sangat lah nyaman dengan posisi yang dapat diatur dilengkapi dengan sandaran tangan, stop kontak, pijakan kaki, lampu baca, meja lipat serta selimut dan juga bantal.

Memilih kereta eksekutif seperti kereta Sembrani dapat menjadi pilihan karena perjalanan mudik satu tahun sekali untuk bertemu dengan keluarga tercinta. Karena perjalanan yang sangat spesial ini tidak akan menyenangkan jika anda lelah di perjalanan. Kereta  eksekutif Sembrana menjamin kenyamanan penumpangnya sehingga bisa beristirahat selama perjalanan. Dengan tempat duduk yang bisa direbahkan memudahkan anda dalam beristirahat atau bahkan tidur di perjalanan sehingga ketika sampai di tujuan anda merasa segar dan siap untuk bertemu dengan sanak saudara. Anda perlu memesan tiket jauh-jauh hari agar anda tidak kehabisan tiket saat waktu mudik tiba.