Memulai Bisnis Kopi Literan #dirumahaja bersama digibank by DBS

  • 3 min read
  • Jul 21, 2020
Memulai Bisnis Kopi Literan #dirumahaja bersama digibank by DBS

Dengan mewabah nya kecintaan masyarakat akan kopi di tanah air, sekarang ini meminum kopi sudah tidak lagi mengenal kalangan. Namun di tengah pandemic Covid 19 ini banyak sekali coffee shop yang kesulitan dengan penjualannya dikarenakan keputusan pemerintah untuk berdiam diri di rumah. Tapi tidak sedikit juga yang justru diuntungkan dengan keputusan pemerintah ini. Banyak anak muda yang memulai berbisnis kopi rumahan yang dijual literan untuk tetap memudahkan para pecinta kopi tetap menikmati kopi di rumah dengan tetap menjaga rasa kopi seperti di coffee shop.

Buat kamu yang tertarik memulai bisnis kopi rumahan, simak tips and trik di bawah ini.

  • Mesin Kopi

Dalam memulai bisnis kopi, yang paling terpenting untuk memastikan kopi kamu beraroma dan mempunyai rasa yang nikmat, kamu harus memastikan mesin pembuatan espresso kamu. Nah untuk jenis pembuatan espresso sendiri kamu bisa menggunakan mesin komersil espresso yang terbagi menjadi 2 jenis super automatic dan semi automatic.

Untuk kamu yang masih mau mengandalkan keahlian dan pengetahuan kamu akan kopi kamu bisa memilih jenis semi automatic. Sedangkan untuk super automatic yang perlu perhatikan hanyalah takaran kopi pada wadah yang disediakan.Untuk dua jenis mesin kopi baik super automatic dan semi automatic ini biasanya dijual dengan harga kisaran 2 sampai dengan 50 juta.

  • Mesin Grinder

Hal kedua yang kamu perlu pastikan untuk mencapi kopi yang nikmat yaitu mesin penggiling biji kopi. Kehalusan biji kopi ini akan menjadi acuan cara kamu menyeduk bubuk kopi nya. Grinder kopi sendiri dibagi menjadi 2 jenis, blade grinder dan bur grinder.

Jenis blade grinder cocok untuk kamu pemula kopi yang ingin memiliki mesin grinder yang terjangkau. Biasanya blade grinder bisa didapatkan hanya dengan 700 ribu  sampai dengan 9 jutaan. Konsep blade grinder ini sendiri memiliki konsep yang sama dengan blender, tentu saja hasil yang dihasilkan tidak akan sehalus dan konsisten seperti bur grinder. Dengan bur grinder, kamu bisa mengharapkan hasil yang lebih konsisten sehingga biji kopi ini sendiri akan mengeluarkan rasa yang unik seperti blueberry, coklat atau almond. Untuk bur grinder, tentunya harga akan lebih mahal. Kisaran harga untuk bur grinder dimulai dari 2 juta hingga 50 juta rupiah.

Perlu dipastikan juga tidak semua grinder akan menghasilkan gilang yang sama, nah disini kamu butuhkan keahlian dalam menyetel grinder hingga kamu dapat menghasilkan tingkat kealusan biji kopi yang sesuai.

  • Konsep Branding

Dengan ada nya persaingan yang begitu ketat di dunia perkopian, konsep ataupun branding kamu tentunya perlu dipikirkan secara matang. Untuk itu penting sekali kamu memikirkan konsep apa yang kamu inginkan untuk kopi rumahan yang kamu jual nanti nya. Jika konsep kopi kamu sudah matang, kamu bisa mengawali branding kopi kamu dengan meletakan logo di kemasan kamu.

Untuk memberikan sentuhan personal, kamu bisa juga menambahkan thank you notes untuk pembeli kamu. Untuk penjualannya sendiri, kamu bisa manfaatkan social media kamu dengan mengisi konten konten yang berkonsep untuk menjualan kopi kamu.

Nah, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang digibank by DBS telah menyediakan kredit online cepat agar dapat memenuhi kebutuhanmu membeli barang-barang tersebut. Hanya menyertakan berkas-berkas yang ribet, dan hanya perlu e-KTP dan NPWP kamu sudah dapat mengajukan digibank KTA.

Dengan bunga kompetitif mulai dari 0.95%, kamu bisa mendapatkan persetujuan kredit online hanya dalam waktu 60 detik dan dana yang didapatkan bisa mencapai 80 juta. Belum lagi, digibank by DBS juga aman dan terpercaya karaen sudah terdaftar di OJK.

Bagaimana caranya? Jika kamu belum menjadi nasabah digibank KTA, kamu perlu apply terlebih dahulu di go.dbs.com/kta dan hanya memerlukan waktu sebanyak 60 detik untuk menunggu persetujuan. Lalu kamu dapat mengunduh Aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu lalu verifikasi biometrik dengan agen digibank. Setelahnya, dana kredit yang kamu butuhkan akan cair ke rekening digibank hingga Rp 80 juta. Cepat banget, kan?

Buat kamu yang sudah menjadi nasabah digibank KTA dan ingin mengajukan kredit online cepat, kamu perlu klik KTA di menu utama Aplikasi digibank by DBS dan lengkapi data diri kamu. Setelahnya, tunggu konfirmasi persetujuan hanya dalam 60 detik. Kamu dapat memilih pinjaman dan tenor yang diinginkan. Lalu dana cair secara real-time hingga Rp 80 juta. Tidak perlu khawatir karena DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital bank terbaik.