Kelebihan Meja Makan Marmer dan Cara Merawatnya

  • 2 min read
  • Sep 13, 2021
Meja Makan Marmer

Akhir-akhir ini meja makan marmer cukup populer dipilih masyarakat sebagai ornamen dalam mendukung desain interior hunian. Tampilannya yang terkesan klasik, elegan dan berbahan awet merupakan daya tarik di mata masyarakat.

Marmer sendiri adalah batu lunak yang cukup rentan noda atau goresan. Maka dari itu, terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan termasuk cara merawatnya dengan benar.

Pengertian Marmer

Marmer merupakan jenis batuan kristal dari batu kapur yang mengalami pengendapan berjuta-juta tahun. Marmer mempunyai corak yang bervariasi karena dihasilkan dari pembentukan secara alami.

Batuan marmer banyak dicari kolektor sehingga harganya pun kian lama kian tinggi. Terdapat banyak jenis batuan marmer salah satunya marmer berwarna hitam yang dipatok dengan harga lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Marmer sering dipilih sebagai batu penghias rumah, bandara, kantor, hotel dan lainnya. Hal ini karena batu marmer mempunyai tampilan sangat cantik sehingga cocok dipakai sebnagai dekorasi bernilai estetik tinggi.

Bukan hanya dipakai sebagai penghias ruangan rumah saja, namun batuan marmer juga dipakai untuk material pembuatan furniture. Contoh yang paling banyak ditemukan dipasaran adalah meja makan marmer.

Bagi anda yang memiliki hunian baru, tentu memiliki keinginan mencari furniture untuk mengisi interior rumah anda. Meja makan sendiri merupakan salah satu furniture penting yang perlu anda miliki sebab dipakai setiap hari. Di meja makan anda serta anggota keluarga dapat menghabiskan waktu makan bersama yang nikmat dan menyenangkan.

Kelebihan Meja Makan Marmer

Terdapat banyak kelebihan dari meja makan berbahan marmer yang sebaiknya anda pertimbangkan saat anda ingin membeli meja makan.

  1. Tampilannya yang cantik

Tidak dapat dipungkiri, meja makan marmer memiliki tampilan luar yang elegan dan menawan apabila dibandingkan dengan material lainnya.

  1. Tahan lama

Jenis marmer ini dianggap tahan lama jika anda mau merawatnya dengan baik dan konsisten. Dengan perawatan yang baik maka anda dapat memakainya hingga generasi berikutnya, baik anak atau cucu anda.

  1. Varian warna yang alami

Meja marmer ditawarkan dengan beragam warna yang alami dan indah, sebut saja tradisional, kontemporer, hiasan, antik atau modern. Semua dapat disesuaikan denganĀ  interior design yang sudah anda rancang sebelumnya.

Cara Merawat Meja Makan Marmer

Memiliki meja makan dari bahan marmer harus diimbangi dengan perawatan yang benar agar bisa mendapatkan fungsinya secara maksimal. Adapun cara perawatannya antara lain :

  1. Menaruh alas gelas dan peralatan makan lainnya secara konsisten
  2. Jika terdapat noda bekas makanan atau minuman, harus segera dibersihkan
  3. Ada baiknya memakai alas meja dengan bahan yang baik agar permukaan meja bisa terlindungi
  4. Gunakan bahan pembersih yang rendah kandungan asam agar tidak merusak permukaan meja
  5. Apabila anda memilih material marmer putih, usahakan untuk tidak membeli warna putih lilin sebab perubahan warna atau noda menjadi kuning kusam sangat mungkin terjadi
  6. Segel marmer berdasarkan anjuran pembuatnya, sebab tidak semua kelereng memerlukan penyegelan. Anda dapat berkonsultasi dengan penjualnya mengenai hal ini
  7. Pakai spons lembut saat membersihkan meja

Demikian ulasan mengenai kelebihan meja makan marmer dan cara merawatnya yang benar untuk anda terapkan di rumah. Pastikan anda memilih meja makan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda untuk menunjang interior dirumah anda sekaligus menambah nafsu makan saat menikmati waktu menyantap makanan bersama anggota keluarga.