Manfaat Memperdalam Ilmu Agama

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Manfaat Memperdalam Ilmu Agama

Di dalam kehidupan ini, ada berbagai jenis ilmu yang sangat bermanfaat untuk dipelajari. Misalnya saja ilmu agak. Sudah sejak kita masih kecil, pendidikan agama diajarkan oleh orang tua. Disamping itu, kita juga mendapatkan pendidikan agama saat menginjakkan kaki di sekolah. Namun sayangnya, di zaman ini banyak orang yang tidak berminat untuk mempelajari ilmu agama.

Padahal sebenarnya, dengan memperdalam ilmu agama tersebut maka kira bisa memperolah banyak manfaat untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Lantas, apa saja manfaat memperdalam ilmu agama? Simak penjelasannya dari islamiques.net berikut ini.

Manfaat Memperdalam Ilmu Agama

  • Membentuk manusia menjadi individu yang baik

Masing-masing agama tentu akan mengajarkan umat dalam hal kebaikan. Manfaat memperdalam ilmu agama bisa membentuk manusia menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan kepribadian yang baik, tentu kita akan memberikan banyak pengaruh positif untuk orang lain. Disamping itu, apabila ita berbuat kebaikan pada siapa saja, maka kita juga akan memperoleh kebaikan dari orang lain.

  • Terhindar dari segala perbuatan dosa

Setan selalu menjerumuskan manusia dengan membisikkan godaan yang mengarah pada perbuatan dosa. Manfaat memperdalam ilmu agama bisa menjadikan kita terhindar dari godaan untuk melakukan perbuataan dosa tersebut.

Sebab manusia akan mengetahui larangan-larangan yang bisa menyebabkan dosa. Perbuatan dosa sendiri tidak hanya menuntun manusia pada kesesatan saja, namun juga menuntun manusia untuk menuju pintu nerasa. Siapa dari kita yang ingin masuk neraka dan mendapat siksaan dariNya. Tentu tidak ada yang mengharapkan semua itu terjadi.

  • Selalu ingat pada Tuhan

Adakalanya kita sering mendapati orang yang sangat jarang melakukan ibadah. Bisa dibilang jika mereka sangat jarang mengingat Tuhannya. Padahal sebenarnya, kita tidak hidup di dunia ini jika tanpa kehendak Tuhan. Maka dari itu, manfaat memperdalam ilmu agama akan membantu kita untuk selalu taat beribadah. Sehingga, manusia akan selalu ingat pada Tuhan.

  • Membuat kita menjadi lebih bersyukur

Pada dasarnya, setiap manusia memang mempunyai sifat selalu kurang puas dan ingin mendapatkan yang lebih. Manfaat memperdalam ilmu agama salah satunya untuk mengajarkan pada kita agar selalu bisa bersyukur dalam menjalani kehidupan ini.

Jika kita memperoleh banyak rezeki, maka sebaiknya kita banyak bersyukur dan tidak menjadi orang yang sombong. Syukur ini juga bisa diwujudkan dengan memberi sedekah pada orang yang membutuhkan atau membahagiakan keluarga agar nikmat yang diberikan semakin bertambah.

Lalu, jika kita sedang ditimpa musibah, maka kita juga senantiasa bersyukur karena Tuhan masih memperhatikan kita dengan memberi peringatan agar kita mau memperbaiki diri.

  • Membuat manusia merasa lebih ikhlas

Ketika manusia mendapatkan ujian dari Tuhan, ada kalanya mereka merasa tidak ikhlas dan banyak mengeluh. Memang untuk menjadi pribadi yang ikhlas tidak lah mudah dilakukan. Di dalam acara sudah diajarkan untuk menjadi manusia yang selalu ikhlas menerima keadaan yang sudah menjadi takdir Tuhan.

Ketika mendapatkan ujian dari Tuhan, kita sebaiknya ikhlas dan pasrah kepada Tuhan. Karena Tuhan menguji umatNya semata-mata untuk meningkatkan derajat umat sebagai manusia. Saat kita memperdalam ilmu agama maka kita akan banyak belajar bagaimana caranya untuk menjadi orang yang ikhlas.

Demikian manfaat memperdalam ilmu agama yang ternyata sangat beragam. Agama memang menjadi pedoman hidup paling penting bagi manusia. Sebab agama akan mengajarkan kita untuk selalu mengikuti jalan yang benar. Disamping itu, agama juga mengingatkan kita untuk tidak melakukan perbuatan sesat. Oleh karena itu, mari belajar memperdalam ilmu agama mulai dari sekarang.