Cara Memblokir Aplikasi di Playstore Sangat Mudah

  • 2 min read
  • Jun 11, 2021
Cara Memblokir Aplikasi di Playstore

Play Store merupakan wadah untuk mendownload berbagai aplikasi yang didukung oleh smartphone tersebut. Ada banyak aplikasi yang tersedia di play store sehingga harus membuat pembatasan bagi anak-anak yang menggunakan smartphone. Orang tua harus mengetahui cara memblokir aplikasi di playstore yang dapat dijadikan pencegahan terkait hal yang tidak baik.

Hanya smartphone Android yang memiliki Play Store sebagai tempat untuk mendownload berbagai aplikasi yang dibutuhkan pengguna. Play Store menyediakan informasi terkait aplikasi Agar penggunaan smartphone dapat memilah aplikasi yang harus dimiliki. Berikut ini kemudahan caranya yang kami lansir dari  Venostech, antara lain:

1. Membuka Setelan Play Store

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna untuk memblokir aplikasi adalah membuka setelan pada Play Store yang terkait dengan akun pengguna. Setelan berada di pojok kiri bagian atas menemukan tanda strip 3. Klik tanda tersebut, lalu lakukan scroll ke bawah dan temukan pilihan pengaturan atau setelan.

Setiap smartphone memiliki Play Store sebagai aplikasi bawaan untuk mendownload berbagai aplikasi lainnya. Play Store telah mengatur aplikasi sesuai dengan keamanan dan standarisasi yang sudah disepakati. Pastikan pengguna telah memiliki akun Google Play Store sebelumnya.

2. Aktifkan Kontrol Orang Tua

Langkah selanjutnya yang  dilakukan adalah mengaktifkan kontrol orang tua pada setelan yang sudah ditemukan. Ketika kontrol orang tua diaktifkan, maka pengguna harus memasukkan PIN sesuai dengan privasi pengguna smartphone. Setelah memperoleh PIN tersebut, pastikan pengguna mengingatnya jika dibutuhkan di kemudian hari.

PIN yang sudah diaktifkan membutuhkan konfirmasi, agar membuat pengguna tidak salah dalam mengaktifkan PIN tersebut. Menggunakan PIN itu untuk keamanan pengguna agar tidak mudah dinonaktifkan oleh sembarang orang.

3. Memilih Kategori Umur

Selanjutnya untuk cara memblokir aplikasi di playstore dengan mudah yaitu dengan memilih rating umur. Rating nomor yang tersedia di playstore tersebut mencapai + 3, yang berarti aplikasi hanya tersedia untuk umur 3 tahun. Pengguna juga dapat memilih batasan umur sesuai dengan keinginan sehingga aplikasi yang tidak pantas akan diblokir secara otomatis.

Cara memilih rating umur pengguna harus mengklik bagian Aplikasi & Game yang akan menemui pilihan rating umur tersebut. Setelah memilih rating yang sesuai maka pengguna dapat menyimpannya dengan klik simpan di bagian kanan bawah.

4. Menyimpan Pengaturan

Setelah melakukan pilihan rating sesuai keinginan, maka pengguna dapat menyimpan pengaturan. Sehingga hal itu bisa diterapkan oleh Playstore secara otomatis. Ketika pengguna menyimpan peraturan ini, maka aplikasi yang tidak cocok pada umur yang dipilih tidak akan ditampilkan.

5. Lakukan Pengecekan Aplikasi

Langkah terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap aplikasi sebelum dan sesudah menyimpan pengaturan tersebut. Aplikasi yang tidak sesuai dengan rekomendasi umur pengguna tidak akan ditampilkan. Lakukan pengecekan, jika sesuai dengan keinginan pengguna maka langkah tersebut sudah selesai.

Jika pengguna ingin menonaktifkan pengaturan ini dapat langsung menuju ke kontrol orang tua. Sehingga aplikasi tidak akan dibatasi dari berbagai kategori umur pada umumnya. Pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pencarian pada kolom dengan mengetikkan nama aplikasi.

Itulah informasi terkait cara memblokir aplikasi di playstore dengan mudah. Melakukan pemblokiran aplikasi tersebut dilakukan untuk menghindari konten yang tidak pantas. Saat ini banyak aplikasi dengan kategori dewasa jika tidak dilakukan pembatasan umur di pengaturan. Play Store memiliki aplikasi yang dibutuhkan pengguna untuk mengontrol hal itu.