Kenali Macam-macam Bawang Merah Lokal di TaniHub

  • 2 min read
  • Jun 13, 2021
Kenali Macam-macam Bawang Merah Lokal di TaniHub

Salah satu bumbu dapur yang wajib dipakai sebagai bahan masakan di Indonesia selain bawang putih adalah bawang merah. Sebagai masyarakat Indonesia, sebaiknya membeli bumbu dapur satu ini dari para petani lokal, seperti melalui e-commerce TaniHub, berikut ulasannya.

  1. Bawang Merah Lokal

Bawang berwarna merah ini menjadi salah satu bumbu dapur wajib di Indonesia, hampir seluruh masakan pasti memakai bawang ini. Sebenarnya, bumbu ini berasal dari Iran, Pakistan, serta pegunungan-pegunungan yang terletak di sebelah utaranya.

Setelah itu, tumbuhan ini menyebar ke penjuru dunia, pada wilayah sub-tropis maupun tropis. Bisa dikatakan bawang ini termasuk varietas dari Allium cepa.

Sebagai grup perusahaan agritech yang bertujuan menyejahterakan petani kecil, TaniHub menjual bawang merah dari petani lokal per 1 kilogram.

  1. Bawang Merah Kupas Lokal

Biasanya, Anda pasti menemukan bawang yang sudah terkupas di pasaran, baik bawang putih atau merah. Bawang kupas biasa dipakai pengusaha kuliner, untuk menghemat waktu dalam membuat bumbu, sehingga tidak perlu repot mengupas kulit bawang.

Jadi, bawang kupas ini akan mempermudah Anda ketika memasak. Biasanya, selain dijadikan bumbu masakan, bawang yang satu ini juga dijadikan pelengkap atau hiasan suatu hidangan.

Jika Anda penyuka bawang goreng, maka sudah pasti mengetahui bahwa asalnya berasal dari bawang berwarna merah ini. Biasanya, bawang goreng ditaburkan di soto, sate, sup, bubur, dan lainnya.

TaniHub menyediakan bawang kupas lokal yang dijual per kilogram. Dengan membeli bawang lokal, berarti Anda turut andil mensejahterakan perekonomian petani Indonesia.

  1. Bawang Merah Pack 250 gram

Tumbuhan berwujud umbi ini, selain dijadikan bumbu masakan, juga dapat dikonsumsi mentah-mentah, sebagai acar maupun obat tradisional. Bahkan, kulit umbinya dimanfaatkan sebagai zat pewarna, sementara daun bawang biasa diolah sebagai campuran sayur.

Adapun, bunga dari bawang ini bentuknya tandan bertangkai, yang terdiri dari 50-200 kuntum bunga. Ujung dan pangkal tangkainya kecil, sementara bagian tengah terlihat menggembung, seolah seperti pipa berlubang.

Namun, jika Anda ingin membeli bawang merah kurang dari satu kilogram, maka TaniHub menyediakannya dalam pack 250 gram. Pembelian minimalnya sendiri adalah satu pack, dengan harga yang terjangkau.

  1. Bawang Merah Kupas Pack 250 gram

Bawang merah kupas dengan pack 250 gram bisa Anda temukan di TaniHub dengan harga terjangkau. Selain menjadi bumbu masakan, tumbuhan yang satu ini juga memiliki segudang manfaat.

Dengan adanya kandungan sulfur pada bawang ini menjadikannya mampu menurunkan gula darah. Bahkan, flavonoid yang ada di bawang berwarna merah ini mampu membantu kerja jantung.

Tumbuhan yang berasal dari umbi ini juga memiliki organosulfur yang mencegah risiko penyakit kardiovaskuler. Selain itu, rempah-rempah ini mampu menurunkan risiko stroke karena kandungan tiosulfinatnya.

Walaupun, ukurannya kecil ternyata tumbuhan yang satu ini sangat kaya akan manfaat bagi tubuh manusia.

  1. Bawang Merah Brebes

Perusahaan agriculture technology yang berdiri sejak tahun 2016 ini berkeinginan menyejahterakan petani lokal melalui e-commerce berbasis aplikasi serta web. Jadi, bawang yang dijual di TaniHub merupakan hasil tani terbaik, dan panen langsung para petani.

Ciri khas bawang yang berasal dari Brebes ini yaitu memiliki bentuk lebih panjang, dan warnanya cenderung merah tua. Serta, memiliki rasa pedas khas dan kandungan airnya lebih sedikit.

Bawang merah menjadi bumbu yang tidak boleh tertinggal dalam masakan Indonesia. TaniHub bekerjasama dengan International Finance Corporation untuk mendukung pertanian Indonesia, agar meluasnya layanan e-commerce dan Fintech di bidang agrikultur.