Ternyata Hal-hal Ini Bisa Menyebabkan Pengajuan Gadai BPKB Mobil Perorangan Anda Ditolak

  • 2 min read
  • Nov 27, 2020
Ternyata Hal-hal Ini Bisa Menyebabkan Pengajuan Gadai BPKB Mobil Perorangan Anda Ditolak (1)

Guna mendapatkan uang pinjaman maka ada banyak sekali diantara produk keuangan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Diantaranya adalah dengan gadai. Produk keuangan yang satu ini mirip dengan KMG atau Kredit Multiguna dimana memang untuk mendapatkan uang maka Anda harus menjadikan barang berguna sebagai jaminan. Diantaranya adalah BPKB mobil, dibandingkan dengan BPKB motor maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya barang yang satu ini memiliki nilai yang jauh lebih mahal. Sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan ketika tengah membutuhkan dana. Gadai BPKB mobil perorangan ini sendiri bisa Anda lakukan di berbagai lembaga keuangan, mulai dari bank sampai non bank.

Hanya saja patut untuk Anda ketahui bahwa nyatanya pengajuan gadai ini tak serta merta langsung disetujui. Faktanya ada banyak orang yang sudah apply kepada lembaga keuangan yang dimaksud. Namun ternyata permintaan mereka tetap saja ditolak dengan berbagai macam alasan. Sebelumnya patut bagi Anda untuk mengetahui apa sajakah faktor yang dapat menyebabkan pengajuan gadai ini dapat ditolak, yaitu:

  1. Usia mobil yang sudah terlalu tua, namanya juga mesin pastinya memiliki usia pakai, semakin tua usianya maka tidak menutup kemungkinan jika seandainya kemampuannya juga menjadi turun. Dalam kondisi ini lembaga gadai juga akan berpikir ulang untuk menerimanya. Karena jikapun nanti akan dilelang sudah pasti tidak akan ada yang mau membeli kendaraan tersebut. Umumnya untuk kendaraan sendiri ada ketentuan yang berlaku terkait dengan usia dan juga kondisi. Hanya mobil yang performanya masih bagus sajalah yang bisa digadaikan.
  2. Dokumen yang disertakan tidak lengkap, faktor penyebab lainnya mengapa pengajuan gadai Anda ditolak oleh pihak bank bisa disebabkan karena dokumen yang disertakan tidak lengkap. Tidak sesuai dengan apa yang diminta. Jika kekurangannya sedikit atau kecil maka nantinya Anda masih dapat memperbaiki kesalahan tersebut sehingga gadai akan tetap diproses oleh pihak mereka. pastikan juga Anda membuat salinan dari dokumen aslinya.
  3. Riwayat kredit yang buruk, mungkin sebelumnya Anda sudah pernah mengajukan kredit atau gadai pada lembaga keuangan tersebut. Umumnya mereka akan lebih mudah mengetahui bagaimana riwayat kredit nasabahnya dengan cara melihat dari BI checking. Jika ternyata riwayat kredit sebelumnya buruk otomatis permohonan gadai juga akan ditolak, begitu juga sebaliknya. Untuk itu sebelum terlambat perbaiki rapor catatan kredit Anda.
  4. Merk mobil, jangan salah karena ternyata merk kendaraan tersebut juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah gadai akan diterima atau sebaliknya ditolak. karena tidak semua tempat gadai akan menerima merk-merk kendaraan tertentu. Apalagi yang sudah dikeluarkan sejak lama, yaitu pada tahun 90an. Biasanya asalkan mobil tersebut merknya terkenal dan berasal dari perusahaan atau pabrikan asal Eropa, Jepang maupun Amerika yang memang cukup marak di Indonesia maka nantinya akan diterima.

Pastikan Anda menghindari beberapa kesalahan di atas jika seandainya ingin pengajuan gadai BPKB mobil perorangan tersebut dapat diterima. Di Indonesia sendiri bukan hal yang sulit untuk menemukan lembaga gadai semacam ini. Namun pastikan bahwa Anda hanya menggadaikan kendaraan tersebut ke tempat yang sudah terpercaya dan legal, sehingga menjamin keamanan Anda. Ingat juga bahwa gadai ini bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pinjaman. karena nyatanya ada banyak diantara produk keuangan lain yang dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan.