Persiapan Sebelum ke UK Versi EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

  • 3 min read
  • Nov 17, 2020
EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

Kuliah di luar negeri adalah dambaan sebagian besar pelajar di Indonesia. Tapi perbedaan kultur studi yang berbeda terkadang membuat kita salah mengerti tentang definisi ‘belajar diluar negeri’ yang sesungguhnya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional ingin menginformasikan hal-hal sederhana seputar kuliah S2 di United Kingdom yang perlu Anda ketahui.

Kenali Jenis Studi Pascasarjana di UK

  1. Master degree

Gelar master adalah kualifikasi tingkat kedua setelah Anda menyelesaikan gelar sarjana. Memilik program ini memungkinkan Anda untuk mendalami ilmu sarjana Anda dan tidak menutup kemungkinan mengambil studi yang berlawanan dengan progarm S1. Untuk mendapatkan gelar ini biasanya Anda harus mempelajari suatu subjek dengan sangat mendalam, pada akhrinya Anda harus meneruskan tesis atau disertasi dengan analisa yang mendalam.

  • Ada dua jenis utama gelar master: pengajaran dan penelitian.
  • Beberapa gelar master umum meliputi:
  • MA (Master of Arts) dalam berbagai mata pelajaran seni atau humaniora.
  • MSc (Master of Science).

Berbagai kualifikasi khusus subjek termasuk MEng (Master of Engineering), MFA (Master of Fine Arts), LLM (Master of Laws), MArch (Master of Architecture), dan banyak lagi. Kursus yang mengarah ke kualifikasi MPhil (Master of Philosophy), yang dipimpin oleh penelitian dan sering dirancang bagi siswa untuk maju ke PhD. Perhatikan bahwa beberapa Universitas di Skotlandia menawarkan gelar sarjana yang disebut Master of Arts Skotlandia.

  1. Postgraduate diplomas and qualifications

Program Postgraduate diplomas and qualifications memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari sesuatu yang baru atau membangun keterampilan dan pengetahuan yang telah diperoleh selama gelar sarjana. Program ini biasanya lebih pendek daripada memilih gelar master dan Anda tidak perlu mengerjakan tesis atau disertasi.

  1. Conversion course

Kursus konversi adalah kualifikasi pascasarjana kejuruan yang biasanya diambil oleh lulusan yang ingin pindah bidang studi setelah gelar pertama mereka. Misalnya jika Anda adalah lulusan ilmu hukum, namun ingin kuliah S2 teknik industri artinya Andda harus menempuh conversion course terlebih dahulu. Program ini diambil oleh siswa melakukan ini untuk mengembangkan keterampilan yang lebih profesional.

  1. PhD

Doctor of Philosophy, atau doktor (PhD / DPhil), adalah tingkat akademik tertinggi yang dapat dicapai akademisi. Gelar ini sangat menuntut dan sering mengarah pada karir di dunia akademis seperti dosen atau peneliti. Sebagian besar siswa akan menyelesaikan gelar master sebelum mereka mengambil gelar PhD.

  1. MBA Courses

Gelar Master of Business Administration (MBA) adalah kualifikasi yang diakui secara internasional yang memberi Anda keterampilan, khususnya pada studi ilmu ekonomi.

Belajar Bahasa Inggris

Ketika kamu memilih kuliah di luar negri, artinya kamu harus siap dengan segala hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Anda harus siap menulis tugas, disertasi, ujian dan berkomunikasi langsung menggunakan bahasa Inggris. Berbicara bahasa Inggris dengan kata-kata santai tidak cukup untuk mematangkan bahsa Inggris Anda dalam hal akademis, maka dari itu persiapkan tes yang lebih menantang dengan level yang berbeda.

Studi di Inggris memungkinkan Anda untuk tes IELTS sebelum akhirnya menentukan universitas mana yang lebih tepat. Anda harus mendapatkan skor yang tinggi jika ingin berada di kampus terbaik. Misalnya, Oxford University menetapkan poin 7 jika Anda ingin menjadi salah satu mahasiswa yang belajar di sana. Berbeda halnya dengan studi di Cambridge yang membutuhkan skor 6.5 untuk lolos sebagai syarat seleksi mahasiswa.

Pre-Masters

Pra-Master diperuntukkan bagi siswa internasional yang perlu meningkatkan bahasa Inggris mereka atau mengembangkan penelitian, penulisan akademis, dan keterampilan seminar sebelum diajarkan gelar master. Program Pra-Magister di Inggris dirancang untuk mempersiapkan siswa sepenuhnya untuk belajar di tingkat pascasarjana.

Durasi kursus berkisar dari sepuluh minggu hingga dua belas bulan dan memberikan landasan penting untuk studi pascasarjana. Pra-Magister akan sangat meningkatkan bahasa Inggris dan keterampilan belajar yang diperlukan untuk studi pascasarjana, serta membiasakan siswa internasional dengan metode pengajaran di Inggris.

Pemaparan tersebut hanyalah gambaran sederhana jika Anda ingin kuliah di luar negri. Tidak ada salahnya mempersiapkan sedini mungkin meski masa studi S1 belum usai. Anda bisa memilih salah satu kelas di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional. Semua tempat kami tersedia di berbagai kota.