Tutorial Cara Scan Barkode Maps di Google Maps

  • 2 min read
  • Jan 18, 2021
Cara Scan Barkode Maps

Bagi Sebagian orang khususnya di usia dewasa, kemungkinan besar akan sering kali mendapat surat undangan dari kerabat atau bahkan saudara sendiri yang akan melangsungkan acara hajatan, baik pernikahan atau acara besar lainnya.

Semakin maju perkembangan zaman di era digital ini, uniknya undangan juga sudah mengikuti perkembangan zaman yang mulai canggih ini, pada sebuah undangan kamu bisa menemukan sebuah barcode yang akan menunjukkan lokasi acara hajatan yang akan di selenggarakan. Tapi ada maslah lain yaitu jika kita tidak memiliki aplikasi scan barcodenya?

Masalah tersebut jangan sangat di khawatirkan, karena sekarang kamu bisa melakukan cara scan barcode maps tanpa menggunakan aplikasi scan barcode. Berikut penjelasannya:

1. Mengandalkan situs Web QR

Jika kamu adalah orang yang termasuk ke dalam sebagian besar orang yang malas memasang banyak aplikasi di ponsel, maka kamu bisa menggunakan cara ini. Kamu bisa melakukan scan barcode secara online dengan dilengkapi dengan tools yang bisa di akses melalui internet atau browser yang bisa kamu gunakan.

Awal-awal kamu aktifkan data internet kamu, kemudian buka situs web QR. Selanjutnya aktifkan fitur kamera dengan cara klik allow, yang biasanya muncul secara otomatis saat kamu masuk ke situs web QR. Kemudian arahkan kamera ke barcode di undangan yang kamu ingin tuju, maka akan terlihat lokasi acara hajatan di undangan tersebut.

Biasanya dalam barcode di undangan langsung berisikan lokasi acara hajatan berlangsung dengan tujuan memudahkan para tamu undangan menemukan titik lokasi hajatan. Jika kamu sudah melakukan cara di atas dengan benar selanjutnya kamu akan dialihkan secara otomatis ke Google maps beserta lokasi hajatan berlangsung. Dengan adanya akses tersebut diharapkan kamu tidak tersesat di daerah hajatan berlangsung.

2. Menggunakan Google Lens

Sudah tidak diragukan lagi jika Google bisa membantu masalah-masalah yang ada dan selalu memberikan solusi kepada para penggunanya. Dengan teknologi yang dirancang yang di khususkan untuk melakukan scan barcode yang di namai dengan Google lens, dari fitur ini pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai objek dalam bentuk kode visual.

Untuk menggunakan fitur ini kamu pasti bisa menggunakannya dan caranya juga tidak rumit dan tidak diharuskan install terlebih dahulu aplikasinya. Teknologi canggih ini sudah bisa kamu akses dengan catatan ponsel kamu sudah terinstall dengan Google Assistant.

Caranya sangat mudah, kamu hanya di minta untuk menekan beberapa detik hingga muncul Google Assistant. Sebelum melakukan akses tersebut sudah pasti kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu data internet kamu, supaya kamu bisa mengaksesnya dengan lancar tanpa gangguan.

Untuk dapat mengakses Google lens, kamu bisa klik ikon yang ada di pojok kiri bawah pada ponsel kamu sampai muncul bar kotak scan. Kemudian arahkan kamera ponsel kamu ke barcode undangan yang akan di pindai, selanjutnya klik lingkaran yang muncul pada area kodenya. Jika proses pemindaian berhasil, maka akan muncul informasi tentang lokasi tertentu yang mengarah ke lokasi hajatan tersebut.

Kata siapa jika barcode tersebut hanya berisi lokasi suatu tempat saja? Namun, kamu juga bisa menyalin teks ataupun informasi yang hadir bisa dalam bentuk tautan. Jika cara scan barcode ini berhasil dilakukan dengan menggunakan tanpa aplikasi scan barcode. Kamu akan di bawa menuju ke tautan yang ada di dalamnya.

Di era yang serba canggih ini, semua pekerjaan menjadi lebih praktis dilakukan, bukan tidak mungkin untuk bisa mendapatkan informasi di mana lokasi acara hajatan tersebut berlangsung. Dengan cara scan barcode maps yang bisa kamu manfaatkan tanpa aplikasi membuat kamu tidak usah repot-repot install terlebih dahulu, yang bisa saja membuat penyimpanan memori menjadi penuh.