Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi beserta Contoh dan Penjelasan Lengkap

  • 2 min read
  • Jan 06, 2021
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan teknologi di era modern ini memang sangatlah pesat khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Penemuan-penemuan baru di bidang teknologi baik software maupun hardware banyak yang merubah kehidupan manusia secara massive.

Namun berapa banyak orang yang mengetahui apa sebenarnya arti Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri ? dan bagaimana manusia berdampingan dengan melakukan manajemen teknologi informasi ?

Berikut ulasannya :

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sebelum membahas mengenai definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita harus mengetahui akar kata agar tidak gagal paham.

  1. Pengertian Teknologi

Teknologi Informasi dan Komunikasi berasal dari kata Teknologi, INformasi dan Komunikasi. Dimana Teknologi sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu Teknos dan Logos (ilmu pengetahuan) yang berarti semua alat yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan mereka. Alat-alat ini merupakan hasil dari ilmu pengetahuan yang ada.

  1. Pengertian Teknologi Informasi

Adapun apabila teknologi sudah disandingkan dengan informasi maka definsi yang ada adalah istilah dari berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan untuk pembentukan, penyimpanan. Dan penyebaran informasi.

  1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sekarang kita akan membahas mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi secara utuh dimana terdapat beberapa definisi dari berbagai sumber yang menyatakannya, diantaranya adalah :

  • Menurut Terms IT, Teknologi Informasi dan Komunikasi menekankan pada teknologi yang menyediakan akses informasi melalui kegiatan komunikasi.
  • UNESCO Institute for Statistic menyatakan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah perangkat berbasis teknologi yang dipadukan dengan sumber daya yang bermacam-macam dalam seuatu aktivitas pengiriman, penyimpanan, penyusunan, pembagian maupun pertukaran informasi

Sekilas Nampak sama antara Teknologi Informasi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Perbedaannya adalah pada TIK memiliki fokus utama pada teknologi komunikasi seperti internet, jaringan nirkabel, selular, dan berbagai macam media komunikasi lainnya.

Informasi lengkap Terkait Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berbagai macam aktivitas dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bersinggungan dengan kehidupan kita saat ini. Beberapa diantaranya berhubungan dengan internet, provider komunikasi, aplikasi penunjang pada smartphone android atau IOS, aplikasi berbasis Website dan masih banyak lainnya.

Semua informasi tersebut dapat diperoleh pada website rockawaysummer.com yang merupakan portal informasi seputar teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Website ini menyajikan tutorial, rekomendasi, dan informasi yang terkait dengan teknologi informasi yang up to date.

Urgensi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Munculnya penggunaan Teknoogi Informasi dan Komunikasi didorong dari beberapa hal, diantaranya :

  1. Semakin kompleksnya tugas manajemen
  2. Efek dari globalisasi
  3. Diperlukannya respon/tanggapan yang cepat
  4. Tekanan dalam suatu persaingan di dalam bisnis

Manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tentunya dalam mengaplikasikan suatu teknologi kita tidak boleh asal-asalan. Perlu pengelolaan yang jelas, presisi, dan terjadwal agar tercapai keefektivitasannya. Oleh karenanya diperlukan Manajemen Teknologi Informasi dan KOmunikasi

Seperti Ilmu-Ilmu Manajemen yang telah kita peroleh sebelumnya, Manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap administrasi dari suatu sistem organisasi teknologi informasi. Dimana system di dalamnya meliputi perangkat lunak dan keras, jaringan komputer, pusat data, hingga staff yang mengoprasikannya.

Tujuan adanya manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi ini untuk mencapai tujuan/hasil yang efektif dan efisien dan membantu SDM dalam operasional agar lebih baik lagi.

Adapun tugas-tugas dari manajer teknologi informasi dan Komunikasi diantaranyta :

  1. Mengelola anggaran dan biaya dalam aktivitas TI
  2. Menentukan keperluan dan kebutuhan dalam aktivitas bisnis khususnya pada system TI
  3. Memantau Keselamatan kerja dan kedisiplinan terhadap aturan yang ada
  4. Mengontrol keamanan dalam jaringan system TI
  5. Menyusun dan mengaplikasikan perangkat lunak dan keras yang baru pada system
  6. Siap terhadap aktivitas teknis/operasional untuk membantu keberhasilan system.