Mayoritas orang yang meningkatkan berselancar di Web menggunakan ponsel mereka menggunakan Wi-Fi, atau data seluler saat bepergian. Sementara kecepatan transfer semakin cepat, perusahaan telekomunikasi membatasi jumlah byte yang Anda dapatkan untuk kuota atau uang saku bulanan Anda. Jika Anda melebihi kuota Anda, penjelajahan web berikutnya akan sangat lambat, dibatasi oleh ISP Anda. Atau, Anda akan dikenai biaya untuk kegiatan pencarian lebih lanjut.

Jika Anda adalah surfer yang rajin atau Anda harus selalu terhubung ke Internet untuk bekerja atau belajar, Anda bisa mendapatkan paket seluler yang memberi Anda kuota lebih tinggi, jika anggaran Anda menyediakannya. Namun, ada juga opsi untuk mengelola penggunaan paket data Anda saat ini untuk sepenuhnya menggunakan setiap byte. Berikut adalah tips untuk membantu Anda bertahan lebih lama dari kuota data seluler bulanan Anda.

Selalu Monitor Penggunaan Data Anda

Ketika Anda memiliki kuota data seluler, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memantau penggunaan data Anda. Untuk lebih tepatnya, Anda harus memantau aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan berapa banyak yang harus digunakan. Semakin Anda memahami kemana data Anda pergi, semakin baik Anda dapat mengelola kuota Anda.

Perangkat Android hadir dengan fitur pemantauan bawaan tetapi Anda juga dapat memilih aplikasi untuk membantu Anda dalam hal ini. Salah satu aplikasi populer yang akan menunjukkan kepada Anda semua penggunaan data seluler Anda adalah Onavo Count, tersedia di iOS dan Android. Aplikasi akan memantau berapa banyak data yang digunakan setiap aplikasi, sehingga Anda akan tahu apakah Anda harus membatasi penggunaan aplikasi.

Bagaimana Tips untuk Menghindari Melebihi Kuota Data Seluler ?

Waspada Saat Kuota Anda Terlampaui

Ketika Anda keluar dan sekitar, Anda akan cenderung lupa untuk memantau penggunaan data Anda. Itu sebabnya Anda harus mengatur alarm untuk mengingatkan Anda ketika Anda menggunakan terlalu banyak kuota Anda. Di iOS, unduh My Data Manager, aplikasi berguna yang akan memantau penggunaan data ponsel Anda. Anda dapat mengatur jumlah kuota Anda, dan ketika Anda ingin aplikasi memberi tahu Anda tentang penggunaan data Anda.

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Android memiliki manajer data default (Pengaturan> Penggunaan Data). Anda dapat mengatur siklus penggunaan data, batas data seluler, memeriksa penyebab yang menyedot sebagian besar bandwidth dan bahkan mengatur koneksi data seluler Anda untuk mati secara otomatis setelah batas dilanggar. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai tips menghindari kuota data berlebihan Anda dapat mengunjungi website https://kuotabro.com/.

Kompres Paket  Data Anda

Ada beberapa layanan yang memungkinkan Anda mengompres data yang Anda terima sehingga tidak akan membebani data Anda. Contoh terbaik adalah Onavo Extend, tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini akan bertindak sebagai VPN: sebelum data masuk ke perangkat Anda, itu akan pergi ke server Onavo untuk kompresi.

Preload Paket Data Anda Sebanyak Mungkin

Cara terbaik untuk menyimpan data seluler sebanyak mungkin adalah dengan membuat rencana ke depan. Jika Anda dapat beralih di antara koneksi Wi-Fi tak terbatas di kantor, rumah atau universitas, muat ulang konten sebanyak mungkin untuk penggunaan offline. Ini akan membantu Anda menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan paket data Anda.