Tips Menata Desain Rumah Tipe 36

  • 2 min read
  • Aug 17, 2021
Tips Menata Desain Rumah Tipe 36

Desain rumah tipe 36 merupakan desain rumah yang mempunyai luas bangunan atau area sebesar 36 m2. Tipe rumah minimalis ini umumnya terdiri dari dapur, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Jumlah rumah dengan tipe 36 ini diklaim terus mengalami peningkatan oleh jasa desain rumah karena pengaruh lahan yang terbatas.

Tips Desain Rumah Tipe 36

Jika anda sedang berburu tips desain hunian rumah dengan tipe 36, ulasan berikut ini akan bermanfaat bagi anda.

  1. Menentukan jumlah ruangan sesuai kebutuhan

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mewujudkan desain rumah tipe 36 yang mungil adalah menentukan jumlah ruangan sesuai kebutuhan. Umumnya, rumah dengan tipe 36 mempunyai 2 kamar tidur, dapur, 1 kamar mandi dan juga ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang tamu.

Akan tetapi, anda bisa merenovasi rumah supaya lebih sesuai dengan keperluan keluarga anda. Contohnya seperti mengurangi luas teras dan membangun 1 kamar tambahan maupun ruang gudang tertutup.

  1. Menambah ketinggian langit-langit ruangan

Tips menata desain rumah tipe 36 berikutnya adalah dengan membuat langit-langit ruangan dengan tinggi. Dengan demikian, ruangan anda tidak akan terkesan sumpek maupun sempit. Usahakan tinggi langit-langit ruangan setidaknya mencapai 3 m agar suasana rumah anda terasa lebih luas dan lapang.

Akan tetapi, sebaiknya anda tidak merenovasi ini untuk ruangan yang berukuran sempit sebab bisa mengakibatkan kesan kurang proporsional. Desain rumah mungil yang mengusung konsep open plan akan lebih cocok untuk dipadukan dengan langit-langit yang ukurannya lebih tinggi agar terkesan luas.

  1. Mengandalkan konsep Mezzanine

Solusi desain hunian rumah tipe 36 agar nampak luas dan lapang bisa disiasati dengan menerapkan konsep mezzanine. Bagi anda yang ingin menghadirkan konsep mezzanine ini, maka langit-langit rumah anda harus dibuat dengan ketinggian minimal 5 m.

Dengan ketinggian langit-langir yang pas maka akan menjadikan lantai mezzanine terasa nyaman saat digunakan untuk beraktifitas. Umumnya, mezzanine dapat difungsikan sebagai kamar tidur, ruang keluarga dan ruang tamu.

  1. Mengurangi jumlah sekat pada ruangan

Cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengurangi nuansa sempit pada hunian dengan tipe 36 ini yakni mengurangi jumlah sekat ruangan. Anda dapat menerapkan konsep ruangan terbuka yang memang sedang tren dan menjadi favorit jasa desain rumah masa kini.

Anda bisa memanfaatkan rak sebagai pengganti sekat yang non permanen supaya bisa dipindahkan.

  1. Menghindari pemakaian pagar rumah terlalu tinggi

Tidak bisa dipungkiri memang pagar rumah yang tinggi dapat menjadikan rumah terkesan sempit, terlebih jika rumah anda memiliki konsep yang mungil. Inilah sebabnya, mengapa rumah dengan tipe 36 tidak pas jika dipadukan dengan pemakaian pagar yang tinggi.

Ada baikya anda memilih pagar yang sesuai dengan tipe rumah minimalis dan tidak terlalu tinggi agar eksterior rumah anda terkesan proporsional.

  1. Memanfaatkan halaman belakang dengan maksimal

Rumah model 36 yang ditawarkan langsung dari pihak pengembang umumnya mempunyai halaman belakang yang terbuka. Ini bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin demi menyempurnakan fungsi rumah.

Anda dapat mengubah halaman belakang rumah menjadi tempat untuk menyetrika dan meletakkan mesin cuci. Pastikan untuk menutup bagian atas secara permanen agar debu dan air hujan tidak masuk serta mengotori ruangan tersebut.

Demikian beberapa tips menata desain rumah tipe 36 yang bisa anda terapkan untuk hunian rumah yang nyaman. Anda juga bisa menggunakan jasa desain rumah surabaya profesional untuk menciptakan rumah idaman dengan sempurna.