Sejarah dan Ciri-ciri Musik Reggae Lengkap

  • PerfectGame
  • Feb 05, 2022

Reggae merupakan salah satu dari jenis musik yang sangat terkenal sejak dipopulerkan oleh salah satu musisi yaitu Bob Marley dari Jamaika sekitar tahun 70an. Kemudian musik reggae ini menjadi sangat populer di seluruh dunia, tidak terkecuali juga Indonesia. Ada banyak sekali lagu-lagu terbaru reggae, baik itu lagu reggae Indonesia ataupun lagu reggae barat.

Suatu aliran musik yang pertama kali berasal dari Jamaika pada akhir tahun 60an yaitu musik Reggae. Do the Reggay salah satu lagu dari Toots and the Maytals ini dianggap menjadi lagu reggae pertama, di mana lagu ini sukses mempopulerkan sebuah istilah dengan penggunaan kata reggae dan kemudian menjadi sebuah nama genre musik yang satu ini.

Meskipun jenis musik ini sering sekali digunakan untuk menyebut musik daerah Jamaika, kata reggae juga bisa menjadi lebih dispesifikasikan untuk musik rockksteady dan juga ska. Jenis musik yang satu ini sangat terpengaruh sekali pada sebuah aliran musik Jazz Amerika, musik RnB yang berasal dari daerah New Orleans dan juga musik tradisional mento. Musik reggae sendiri sangat identik sekali dengan aliran dari musik rocksteady serta ska yang memang lebih dulu ada.

Sejarah Musik Reggae

Diperkirakan populer pada tahun 1960an yaitu lebih tepatnya sekitar tahun1968. Pada saat itu, lagu-lagu dengan tempo yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan jenis musik rocksteady dan juga ska di negara Jamaika yang sedang trend. Jenis musik dengan iramanya yang cukup lambat tersebut kemudian diberi nama musik reggae.

Negara Jamaika juga sudah diakui sebagai negara lahirnya jenis musik yang  satu ini. Bahkan sampai sekarang genre musik reggae ini masih banyak sekali pemintanya. Kemudian di tahun 70an, Bob Marley and The Wailers menghentak sebuah industri musik dengan menggunakan lagu-lagu reggae yang dinyanyikan oleh mereka. Album yang berjudul  Exodus atau Catch a Fire juga ikut melambungkan jenis musik reggae ini sampai ke seluruh dunia serta membuat jenis musik yang satu ini dikenal oleh banyak orang.

Ada beberapa lagu reggae terbaik milik Bob Marley yang sangat populer di antara lagu-lagu yang lainya misalnya seperti Redemption Song, No Woman No Cry,Buffalo Soldir atau Three Little Birds yang membuat musik reggae ini semakin diapresiasi. Setelah Bob Marley meraih kesuksesannya, ada banyak sekali bermunculan sebuah band, musisi, grup, serta penyanyi reggae yang sangat populer di Amerika.

Ciri-ciri Musik Reggae

  1. Lirik lagu dari musik reggae ini biasanya mengambil sebuah tema kebebasan atau freedom, sosial, cinta, keadilan, politik bahkan sampai ganja.
  2. Elemen-elemen dari musik reggae sangat terpengaruh dari sebuah aliran musik jazz Amerika, RnB New Orleans, musik tradisional folk dan juga mento, serta musik Afrika.
  3. Musik reggae biasanya memiliki tempo yang lebih lambat jika dibandingkan dengan musik ska, tetapi jauh lebih cepat dibandingkan dengan jenis musik rocksteady.
  4. Kebanyakan musik reggae biasanya mengenal sebuah unsur dan jua konsep call and response.
  5. Ketukan dari ritme musik reggae ini biasanya berupa sebuah akord yang kemudian di mainkan dengan cara menggunakan alat musik piano dan juga gitar atau bisa juga di keduanya di mainkan.
  6. Berbasis sebuah gaya ritmis musik reggae ini bercicikan aksen-aksen yang ada pada off beat ataupun sinkopsi yang biasanya disebut sebagai skank.