Perbedaan Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

  • 2 min read
  • Feb 15, 2021
Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Apakah kalian tahu bahwa listrik memiliki rangkaian jalur yang memuat prangkat elektronik yang bisa membentuk arus listrik? Jika kalian belum tahu maka, mari kita cari tahu bersama-sama dengan membaca artikel ini yang akan membahas tentang rangkaian seri dan paralel.

Dalam aliras arus listrik terdapat dua jenis rangkaian yang harus kita tahu, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel. Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang perbedaan dari rangkaian arus listrik seri dan rangkaian arus listrik paralel. Kalian harus simak penjelasan ini dengan baik dan benar ya, agar nantinya ilmu yang kamu serap bisa bermanfaat.

Pengertian dari Kedua Jenis Rangkaian

Ada baiknya jika kita cari tahu dahulu tentang pengertian dari rangkaian seri maupun dari pengertian rangkaian paralel. Keduan memiliki pengertian yang jelas berbeda maka dari itu kita juga harus tahu pengertian dari kedua jenis rangkaian tersebut.

Rangkaian Seri

Rangkaian Seri adalah sebuah rangkaian listrik yang memiliki satu saja jalur untuk bisa di lewati oleh arus. Kamu bisa bayangkan pada proses antrian di ATM misalnya, itu merupakan gambaran arus yang ada di rangkaian listrik seri, yang harus berjalan sesuai dengan antrian yang ada hingga selesai pada antrian yang terakhir

Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah sebuah rangkaian yang memiliki jalur lebih dari satu yang bisa di lewati oleh arus. Untuk proses arus yang ada di rangkaian paralel kamu bisa banyangkan pada antrian di toilet yang memiliki banyak pintu masuk, yang bisa di masuki oleh banyak orang dengan tanpa mengantri atau antrian yang sedikit.

Perbedaan Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Perbedaan dapat kita temui, yaitu pada pengertian dari rangkaian seri, yaitu rangkaian listrik yang memiliki komponen yang di hubungkan dengan urutan, dari ujung sampai akhir, sehingga memiliki biaya yang lebih rendah di bandingkan dengan rangkaian listrik paralel karena bisa berfungsi tanpa menggunakan tambahan kabel penghubung liannya.

Contohnya dapat kita temui, di sekitar kita yaitu lampu hias atau lampu tumblr yang sering kita jumpai di rumah orang dan di tempat hiburan juga banyak di pasang.

Rangkaian Paralel yang memiliki pengertian yakni rangkain listrik yang setiap komponen yang ada memiliki arus atau sumber arus sehingga akan menghasilkan cabang lainnya, dan otomatis akan lebih menambah biaya yang lebih tinggi di bandingkan dengan rangkaian seri. Misalnya saja yang sering kita jumpai adalah saat di rumah yang sudah pasti semua kabel yang terpasang menggunakan rangkaian paralel yang memiliki tujuan agar tegangan yang di hasilkan semuanya sama.

Kelebihan dan Kekurangan dari Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Kelebihan yang Ada Pada Rangkaian Seri:

  1. Hemat
  2. Analisa kerusakan cepat
  3. Dalam mengantarkan listrik lebih efisien
  4. Arus yang mengalir memiliki komponen yang sama

Kelebihan yang Ada Pada Rangkaian Paralel:

  1. Jika ada satu komponen yang rusak tidak berpengaruh ke komponen yang lain
  2. Memiliki tegangan yang sama pada setiap komponennya

Kekurangan yang Ada Pada Rangkaian Seri:

  1. Jika ada satu komponen yang rusak maka semua akan mati
  2. Memiliki hambatan listrik yang besar
  3. Sinar yang di berikan lampu kurang terang

Kekurangan yang Ada Pada Rangkaian Paralel:

  1. Biaya yang mahal
  2. Kesalahan yang lebih kompleks akan sulit di temukan penyebabnya

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai rangkaian seri dan paralel, semoga informasi dan penjelasan di atas membantu kamu dalam memahami rangkaian dari listrik yang terbagi menjadi dua yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.