Pentingnya Lansia Menjaga Berat Badan Ideal

  • 2 min read
  • Aug 20, 2021
Pentingnya Lansia Menjaga Berat Badan Ideal

Seiring bertambahnya usia, menjaga berat badan tak hanya lebih menantang, tapi juga menjadi lebih penting, terutama jika Anda atau orang terkasih termasuk dalam kategori lansia (60 tahun ke atas).

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka menjaga berat badan agar tetap ideal bukan lagi sebuah tantangan. Namun, sudah menjadi satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Hal ini disebabkan karena berat badan yang berlebih atau kurang akan mempengaruhi kesehatan tubuh lansia. Sehingga, mau tidak mau Anda harus menyiapkan beberapa hal terutama menjelang memasuki usia di masa tua.

Pentingnya menjaga berat badan di usia lansia

Satu hal yang perlu diketahui bahwa Lansia haruslah menjaga berat badan mereka untuk tetap ideal dikarenakan beberapa resiko yang bisa muncul. Apakah itu berat badan yang berlebih atau obesitas maupun mereka yang mengalami kekurangan berat badan. Apa saja resiko yang dimunculkan jika salah satunya dialami oleh Lansia?

Resiko obesitas pada lansia

Obesitas terjadi dikarenakan ketidakseimbangan asupan energi dalam bentuk kalori yang dikonsumsi lewat minuman atau makanan. Padahal, obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan karena menawarkan resiko yang cukup berbahaya seperti hipertensi, diabetes, dislipidemia hingga penyakit jantung.

Selain itu, obesitas bisa memicu stres khususnya pada sendi yang mengakibatkan mobilitas menjadi sangat terbatas. Bahkan, akan muncul masalah pernafasan atau henti nafas saat tidur.

Resiko kekurangan badan pada lansia

Tidak hanya lansia yang memiliki obesitas saja yang perlu waspada, akan tetapi mereka yang berat badannya tidak mencapai angka 25 sampai 27 juga perlu waspada. Mengapa? Penurunan berat badan akan membuat massa otot akan mengalami penyusutan atau biasa disebut dengan sarkopenia.

Adapun yang dimaksud dengan sarkopenia adalah kondisi yang memang terjadi di usia tua. Resiko yang ditimbulkan adalah cacat fisik, kualitas hidup yang semakin menurun hingga kematian.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga berat badan ideal pada lansia?

Seperti halnya mereka yang berusia muda, maka pola yang dilakukan pun tidak berbeda jauh dengan lansia. Apa saja itu? Berikut ini cara caranya seperti :

Menjaga tubuh agar tetap aktif

Untuk itu, melakukan olah fisik seperti berjalan kaki setiap harinya sangat dianjurkan. Anda bisa melakukan beberapa gerakan saat dirumah atau bisa saja bergabung dengan salah satu kelas khusus lansia.

Menerapkan pola makan yang sehat

Mengubah pola makan dengan memilih jenis makanan sehat adalah solusi terbaik. Ada banyak jenis makanan yang bisa dipilih seperti sayuran hijau, buah buahan, biji-bijian dan daging yang rendah lemak. Hanya saja, jika Anda mengalami masalah medis untuk beragam makanan ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter ahli.

Konsumsi nutrisi tambahan bila perlu

Tidak sedikit lansia yang mengalami penurunan nafsu makan sehingga membutuhkan nutrisi tambahan. Ada banyak jenis vitamin maupun susu yang bisa dipilih seperti protein whey, vitamin D, Vitamin E, B6, B12, Prebiotik dan Probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya lansia untuk menjaga berat badan agar tetap ideal mengingat resiko yang ditimbulkan. Selain itu, cara yang dijelaskan diatas tidaklah sulit seperti menjaga pola makan sehat, mengurangi makanan yang mengandung lemak jahat hingga melakukan olah fisik.  Untuk yang terakhir ini ada baiknya memilih jenis olahraga yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.