PC Siap Pakai Atau PC Rakitan, Mana yang Lebih Baik?

  • 3 min read
  • Jul 16, 2021
PC Siap Pakai Atau PC Rakitan

Bagi banyak orang, bermain game dengan PC gaming terasa jauh lebih puas dibandingkan hanya lewat laptop apalagi smartphone. Selain layarnya yang lebih besar, PC gaming pun bisa dibangun sesuai dengan spek sesuai keinginan atau membeli 1 set komputer khusus gaming (PC built up). Harga komputer gaming siap pakai dan rakitan pun berbeda.

Jika ditanya mana yang lebih baik; komputer siap pakai atau pc rakitan, maka jawabannya tergantung situasi dan kondisi Anda sebagai pembeli. Jika Anda tipe yang tidak ingin ribet dan hanya menggunakan pc untuk bermain game secara casual dan juga untuk kegiatan sehari-hari, maka pc siap pakai adalah pilihan yang pas.

Namun jika Anda termasuk seseorang yang serius dengan bermain game atau ada keperluan lain yang membutuhkan pc dengan spesifikasi tinggi, seperti mining bitcoin, pekerjaan desain/video editing berat dan sebagainya, maka pc rakitan jadi pilihan yang menarik.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya? Mari kita bahas bersama.

Tentang PC Siap Pakai

Pc siap pakai atau pc built up merupakan komputer yang dirakit langsung oleh brand itu sendiri. Misalnya komputer siap pakai Dell, maka semua komponen yang ada di dalamnya mulai dari motherboard hingga VGA bermerek sama.

Pc jenis ini biasanya dijual 1 set sehingga Anda tak perlu repot setting atau beli komponen terpisah. Cukup beli set tersebut dan Anda sudah punya pc lengkap di rumah.

Lalu, apa saja kelebihan pc siap pakai ini?

  1. Ada garansi

Sama seperti beli laptop atau smartphone baru merek tertentu, Anda juga akan mendapatkan garansi pembelian yang lumayan lama, yaitu 1-3 tahun. Hal ini tentu waktu yang cukup lama untuk mengantisipasi jika pc tersebut rusak atau butuh upgrade.

  1. Komponen yang berkualitas

Karena ini adalah pc yang dibuat oleh pihak produsen, maka sudah pasti mereka menciptakan produk terbaik dan berkualitas. Termasuk di dalamnya pemilihan komponen dan dirakit oleh para ahli yang bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga soal kualitas tidak perlu diragukan lagi dan Anda tidak perlu pusing memikirkan komponen apa yang dipakai.

  1. Lebih hemat listrik

Arus listrik pada pc siap pakai yang dirancang oleh brand tertentu biasanya sudah diset sedemikian rupa sesuai dengan jumlah kebutuhan pc tersebut sehingga power supply yang digunakan pun standar. Dengan begini konsumsi listrik pc tersebut pun lebih hemat.

  1. Tidak perlu beli OS

Dalam pc siap pakai, OS sudah secara default terpasang. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk beli OS sendiri. Beda jika ingin merakit PC, Anda harus membeli semua komponen secara terpisah, termasuk OS nya.

Tentang PC Rakitan

Bagi Anda yang lebih melek terhadap printilan di dalam komputer dan menginginkan perangkat dengan performa tinggi, maka pc rakitan merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa merakit sendiri jika sudah berpengalaman atau membayar orang lain untuk merakitkannya untuk Anda.

Pc jenis ini biasanya komponennya disiapkan satu per satu secara terpisah. Tapi saat sudah selesai, akan membuat Anda puas karena sesuai dengan spesifikasi idaman Anda. Lalu, apa saja kelebihan pc rakitan ini?

  1. Bebas memilih komponen

Jika memilih opsi pc rakitan, maka Anda bisa secara leluasa memilih komponen yang akan digunakan di dalam pc tersebut. Campur aduk merek untuk komponennya pun tak masalah. Yang penting cocok dan juga harus asli.

  1. Harga relatif lebih murah

PC siap pakai biasanya harganya bisa sangat mahal. Namun pc rakitan bisa disesuaikan dengan budget yaitu dengan memilih komponen yang memiliki kualitas bagus namun harganya lebih murah.

  1. Garansi terpisah

Karena setiap komponen dibeli masing-masing, maka masa garansinya pun berbeda-beda antar komponen. Dengan beini Anda harus mencatat atau tahu garansi tiap komponen jadi jika ada yang rusak, tinggal klaim garansi.

  1. Mudah direparasi jika rusak

Jika pc rakitan Anda rusak, Anda tinggal cek komponen apa yang bermasalah, lalu ganti dengan yang baru dan berfungsi dan pc pun tetap bisa jalan lagi. Prosesnya tidak seribet jika harus klaim garansi atau perbaikan di service center pc siap pakai yang bisa memakan waktu lama dan ganggu aktivitas Anda.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai apakah lebih baik beli pc sudah jadi atau membeli pc rakitan. Jawabannya bisa tergantung Anda; ada yang cocok langsung beli yang siap pakai tapi ada juga yang lebih sreg untuk merakit pc-nya.

Jika Anda tertarik membeli satu set komputer siap pakai untuk berbagai kebutuhan, Anda bisa liat-lihat berbagai modelnya di website Blibli.com lho! Anda tinggal scroll hingga menemukan yang pas, lalu pesan dan tunggu barangnya dikirim ke rumah. Semudah itu beli komputer baru dari rumah saja pakai Blibli. Semoga bermanfaat!