Obat Herbal Kista: Mengenal Lebih Dalam Tentang Kista Ganglion

  • 2 min read
  • Apr 29, 2020
Kista Ganglion

Kista ganglion merupakan suatu benjolan atau tumor yang berada pada area sendiri, dan tumbuh pada jaringan antara otot dengan tulang. Benjolan tersebut memiliki cairan sendi yang tumbuh pada tangan maupun pergelangan tangan. Kista jenis ini dapat muncul, berubah ukuran maupun menghilang dan dapat membesar seiring meningkatnya aktifitas sendi. Obat herbal kista untuk ganglion lebih baik digunakan sehingga akan mengurangi gejala sembari melakukan perawatan medis yang membuat pengobatan lebih cepat.

Berikut adalah tindakan medis untuk menyembuhkan kista ganglion:

  • Imobilisasi merupakan suatu tindakan pemasangan belat atau bingkai penahan untuk membatasi gerak daerah yang mengalami kista sehingga tidak membuat benjolan lebih besar, saat benjolan menjadi kecil maka akan membuat kista tidak terasa sakit dan mengendur namun belat atau bingkai penahan tidak dapat digunakan terlalu lama karena akan menyebabkan otot-otot sekitar menjadi lemah.
  • Aspirasi merupakan prosedur sederhana tanpa rasa sakit, dimana dokter melakukan pengeluaran cairan kista dengan jarum suntik, metode ini menjadi pilihan pertama karena resikonya lebih rendah, namun cara ini membuat kista ganglion dapat tumbuh kembali.
  • Operasi terbuka dengan membuka sayatan hingga 5 cm diatas lokasi terjadinya kista ganglion.
  • Operasi arthroscopic dimana sayatan kecil untuk memasukkan suatu kamera kecil untuk melihat sendi dalam dan alat akan menjadi panduan dalam menghilangkan kista.

Dapat juga menggunakan obat suntik kortikosteroid yang memberikan peredaan pada rasa sakit dan obat antibiotik untuk menangani kista yang infeksi. Drainase cairan dilakukan untuk menghilangkan kista dengan mengalirkan cairan dan tindakan ini dilakukan melakukan dengan pemeriksaan USG. Untuk mencegah terjadi kista ganglion belum diketahui karena penyebabnya belum dapat dideteksi sehingga jika muncul kista segera gunakan bidai sesuai resep dokter dan tidak memencetnya maupun menusuknya dengan jarum.

Faktor-faktor resiko dari kista ganglion adalah jenis kelamin dan umur terutama wanita dengan usia 20 hingga 50 tahun. Dapat juga diderita oleh orang yang memiliki osteoarthritis karena penurunan yang terjadi pada buku jari yang berdekatan dengan kuku akan menyebabkan kista ganglion buku jari. Luka pada persendian maupun tendon yang terjadi sebelumnya akan membentuk kista kemudian hari. Untuk mendeteksi kista biasanya menggunakan rontgen, USG dan MRI sehingga akan menghilangkan kemungkinan tumor lemak, arteri radial maupun infeksi yang dapat terjadi pada tubuh.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk menyembuhkan kista ganglion diantaranya:

  • Sebaiknya mengetahui bahwa kista tidak harus diobati dengan melakukan operasi jika terdapat beberapa gejala maupun menjadi alasan untuk menjaga penampilan.
  • Memberitahu dokter letak tumor pada tubuh.
  • Mencari bantuan medis jika terjadi perubahan seperti ukuran, menghilang, merah dan terasa panas.
  • Hindari melakukan gerakan pergelangan tangan dan tangan yang memunculkan resiko terjadinya kista ganglion.
  • Beritahu dokter jika mengalami mati rasa, lemas maupun sakit, menggigil, demam, merah dan berkeringat setelah melakukan operasi.
  • Sebaiknya tidak melakukan penekanan pada tumor untuk terhindar dari infeksi dan membuat tumor berada dalam kondisi parah.
  • Memberitahu dokter jika kista kambuh setelah melakukan perawatan.

Obat herbal kista seperti teh hitam kantong dengan meredakan sakit dan bengkak, dengan meletakkan kantong teh pada area kista. Jahe yang dapat menghalangi rasa sakit dengan mengonsumsi air jahe atau suplemen jahe 2 hingga 3 kali dalam sehari. Kunyit yang mengandung anti inflamasi dengan memarut kunyit pada area kista ganglion dan mengonsumsi suplemen kunyit sesuai dengan resep dokter.