Nitendo Switch Lite merupakan varian ekonomis sekaligus ergonomis dari Switch reguler. Untuk mengenal lebih jauh dan mengetahui lebih dalam apa itu Switch Lite, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

  1. Menawarkan kinerja yang sama seperti Switch regular

Switch Lite merupakan varian ‘hemat’ dari Switch reguler, kinerja atau performa yang diusung ternyata masih sama. Nintendo saat ini tidak menurunkan jenis chipset atau ukuran RAM dari Switch Lite, meskipun ini dijual di harga yang lebih murah dari switch reguler.

Layar 5,5 inci yang dimiliki pun masih beresolusi 720p, sama seperti Switch reguler. Bahkan, Nintendo sendiri menyebut bahwa baterai Switch Lite jauh lebih awet dari Switch reguler, dengan perkiraan daya tahan sekitar 3-7 jam, tergantung game yang dimainkan. Penyimpanan internal masih berada di 32GB dan bisa diperluas dengan kartu microSD.

  1. Beberapa fitur dari Switch reguler ‘dipotong’ dari Switch Lite

Untuk menekan harga Switch Lite supaya lebih terjangkau, Nintendo menghilangkan beberapa fitur yang dimiliki oleh Switch reguler dari Switch Lite. Itu termasuk tidak adanya dukungan untuk mengkoneksikan ke TV, Joy-Con yang terpasang permanen alias tidak bisa dilepas dan sensor kecerahan yang dihilangkan, sehingga pengguna harus mengatur kecerahan layar secara manual.

Switch Lite masih dilengkapi dengan beberapa fitur penting seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC dan kontrol gyro bawaan. Aksesoris seperti Switch Pro Controller dan Poke Ball Plus pun masih akan bisa digunakan di Switch Lite.

  1. Tidak akan menjadi pengganti Nintendo 3DS

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa dibuatnya Switch Lite, merupakan langkah ‘halus’ dari Nintendo untuk perlahan-lahan mematikan 3DS. Faktanya, itu tidaklah benar karena Switch Lite tidak dibangun untuk menggantikan 3DS.

Presiden Nintendo Amerika, Doug Bowser, mengatakan bahwa Nintendo akan terus mendukung 3DS selama masih ada permintaan diluar sana. Di samping, kepada The Verge, ia juga mengatakan bahwa Switch Lite akan saling melengkapi dan mengisi pasar konsol bersama dengan konsol-konsol Nintendo lainnya, termasuk 3DS.

  1. Harga lebih murah Rp1,4 juta dari Switch reguler

Untuk harganya sendiri, Switch dibanderol di harga US$199 atau sekitar Rp2,8 juta. Itu lebih murah $100 atau sekitar Rp1,4 juta dari Switch reguler. Switch Lite akan tersedia dalam tiga warna yang catchy yaitu kuning, abu-abu dan hijau toska.

Selain itu, akan ada varian spesial bertemakan Pokemon Sword And Shield, dengan tekstur matte dan stiker Zacian dan Zamazenta di bagian belakang. Switch Lite akan dirilis pada 20 September mendatang bersamaan dengan perilisan Link’s Awakening. Sementara varian Pokemon akan datang pada 8 November di harga yang sama.

salah satu perbedaan antara Switch Lite dengan Switch versi reguler. Sesuai dengan namanya, fitur dan spesifikasi dari Nintendo Switch Lite tentu kalah dan ukuran layarnya pun sedikit lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya.

Selain tidak dapat dikoneksikan ke televisi, joystick pada Nintendo Switch Lite tidak dapat dilepas-pasang seperti Switch reguler. Alhasil jika pengguna ingin memainkan game dengan dua pemain, maka harus membeli joystick tambahan Nintendo Switch reguler.

Selain dua fitur tambahan tersebut, dari sisi desain Nintendo Switch Lite pun memiliki sejumlah perbedaan lainnya. Nintendo memangkas bobot konsol ini menjadi lebih ringan, sehingga nyaman dimainkan dalam genggaman.

Nintendo Switch Lite mengusung layar seluas 5,5 inci. Ukuran ini lebih kecil dari Switch reguler yang luas layarnya yaitu 6,2 inci. Sementara fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC masih tersedia pada konsol ini.

Sejak diluncurkan pada Tahun 2017 lalu, penjualan Nintendo Switch telah mencapai angka penjualan setidaknya 35 juta unit secara global. Angka ini membuat Switch menjadi salah satu konsol terlaris dari Nintendo di dunia. Nintendo Switch Lite sudah dijual pada tanggal 20 September 2019.

Kabarnya, harga dari Nintendo Switch Lite dibandrol berkisar harga 199 dollar AS (sekitar Rp 2,8 juta). Bandingkan dengan harga dari Nintendo Switch sendiri saat ini dibandrol dengan harga berkisar 300 dollar AS (Rp 4 jutaan).

Buruan beli Nintendo Switch Lite sekarang hanya di Blibli!.