Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

  • PerfectGame
  • Aug 06, 2022

Tidak ada yang tahu apa yang akan akan menimpa kita di masa depan. Kejadian tak terduga kerap membuat seseorang tidak siap atas segala risiko yang terjadi. Di sinilah fungsi asuransi yang memberikan perlindungan atas risiko atau kerugian yang menimpa pemilik polis. Asuransi dikenal sebagai alternatif investasi yang cukup baik dan mampu meminimalisir risiko atas kejadian tak terduga.

Definisi asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi (perusahaan asuransi) sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis sebagai tertanggung. Perjanjian tersebut mewajibkan tertanggung untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas segala risiko, kerugian, kerusakan, kematian, serta kehilangan keuntungan, yang dapat terjadi karena peristiwa yang tak terduga. Ada banyak macam macam asuransi di Indonesia (dan pengertiannya yang bisa kamu temukan pada artikel ini) yang dapat dipilih untuk mengalihkan risiko tersebut.

1. Asuransi Jiwa

Salah satu macam-macam asuransi yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa memberikan keuntungan finansial kepada tertanggung atas kematiannya. Tujuan dan manfaat dari asuransi jiwa adalah untuk memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang akibat adanya kematian anggota keluarga tertanggung yang umumnya menjadi sumber nafkah bagi keluarga. Dengan adanya pembayaran dari pihak asuransi, keluarga tetap dapat melangsungkan hidup pasca kematian anggota keluarga.

2. Asuransi Kesehatan

Salah satu jenis dari macam-macam produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi secara umum lainnya adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas suatu penyakit serta menanggung biaya kesehatan, seperti proses pengobatan dan perawatan.

Apa saja yang dicover perusahaan asuransi kesehatan? Beberapa kondisi dan penyakit yang umumnya ditanggung dan mendapatkan penggantian melalui klaim asuransi meliputi cacat, sakit, cedera, cacat tetap, hingga kematian karena kecelakaan. Meskipun kamu telah memiliki BPJS Kesehatan, namun asuransi kesehatan tetap dibutuhkan untuk meng-cover risiko dan memberikan benefit lain.

Jenis-jenis asuransi kesehatan antara lain asuransi rawat inap, asuransi rawat jalan, asuransi personal, asuransi kelompok, asuransi swasta, dan asuransi pemerintah. Masing-masing memiliki manfaat serta tujuan yang berbeda, kamu dapat memilih salah satu dari macam-macam asuransi kesehatan tersebut.

3. Asuransi Santunan Tunai Harian

Asuransi ini juga dikenal sebagai HCP atau Hospital Cash Plan. Asuransi santunan tunai harian merupakan asuransi pelengkap atau tambahan dari asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Sebagai contoh, kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor atau sudah menjadi peserta BPJS, namun jika ingin memiliki tambahan perlindungan, kamu dapat membeli premi asuransi santunan tunai harian.

Dengan asuransi tersebut, kamu bisa mendapatkan benefit yang tidak di-cover oleh asuransi sebelumnya seperti membeli obat tambahan, konsultasi ke dokter spesialis, atau dapat juga dijadikan sebagai pengganti penghasilan selama tidak bekerja karena dirawat di rumah sakit.

4. Asuransi Mobil

Saat ini sudah banyak orang yang ‘melek’ asuransi mobil, mengingat biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak jika mengalami kejadian tidak terduga saat berkendara. Manfaat dari suransi mobil memberikan perlindungan atas segala risiko dan kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan, kerusakan, maupun kehilangan mobil.