Kegiatan promosi atau pemasaran (marketing) tentunya merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang memiliki suatu bisnis atau usaha, karena hal ini harus dilakukan demi memperkenalkan bisnis milik anda kepada para calon pembeli. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalamĀ  melaksanakan kegiatan promosi atau pemasaran tersebut, dimulai dari metode digital yang kini sangat marak dilakukan para pelaku bisnis dengan adanya perkembangan teknologi dan konsumsi masyarakat terhadap dunia internet yang tentunya sangat membantu dalam hal ini, seperti memasang iklan di Instagram, Facebook, Website, Ecommerce dan lainnya. Adapun cara promosi atau pemasaran secara offline yaitu seperti mencetak flyer, brosur, leaflet, dan juga banner.

Berbicara tentang flyer, berikut ini kami akan membahas tentang penjelasan mendetail mengenai perangkat promosi tersebut diawali dengan definisi flyer, jenis dan ukuran flyer, dan juga apa saja kegunaan dan jenis pemasaran yang bisa anda lakukan dengan flyer, tentunya hal ini akan berpengaruh saat anda hendak cetak flyer di printerous.

  • Pengertian Flyer

Flyer merupakan suatu alat pemasaran atau promosi yang biasanya dicetak dalam bentuk kertas dengan ukurannya yang terbilang tidak terlalu besar. Dan juga ukuran maksimal sebuah flyer yaitu menggunakan ukuran kertas A4 berbahan HVS, carton, ataupun art paper. Flyer merupakan strategi marketing dan promosi yang terbilang cukup tua, terutama setelah ditemukannya alat mesin cetak. Flyer juga digunakan sebagai salah satu perangkat pemasaran yang diandalkan sejak abad ke 18 di seluruh dunia.

  • Perbedaan Flyer dan Brosur
    Ukuran dan bentuk merupakan hal yang paling membedakan flyer diantara perangkat pemasaran lainnya seperti brosur, katalog, ataupun banner. Bentuk dari flyer sendiri biasanya merupakan selembar kertas yang tidak bisa dilipat seperti brosur atau leaflet yang biasanya bisa dilipat 3 atau 4 halaman, dan memiliki ukuran maksimal A4 yang membuat flyer akan sangat mudah dibagikan kepada orang orang. Desain pada flyer sendiri biasanya hanya akan dicetak pada satu sisi kertas tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan ada yang mencetak flyer dengan dua sisi kertas tergantung kepentingan dan tingkat kebutuhannya. Kertas yang digunakan pada flyer juga umumnya lebih tipis dibandingkan dengan kertas yang digunakan pada pencetakan brosur. Isi konten yang terdapat pada flyer biasanya akan lebih singkat dan padat namun tetap informative dan menarik minat para pembaca, sementara isi pada brosur biasanya akan lebih mendetail, rinci dan juga lebih lengkap.
  • Kegunaan Flyer Sebagai Alat Pemasaran
    Karena bentuk flyer yang terbilang cukup sederhana, salah satu kegunaan dari flyer itu sendiri adalah untuk dicetak dalam jumlah yang besar dan dibagikan kepada banyak orang yang berlalu-lalang dijalan, dan biasanya seringkali kita temui di tempat umum seperti mal, taman, dan lain sebagainya. Mereka para pembaca yang menerima flyer tersebut diharapkan dapat dengan mudah membaca informasi yang dikandung dalam flyer tersebut tanpa perlu membolak-balik kertas dan juga membuka lipatan karena ukuran flyer tersebut yang tidak terlalu besar dan juga tidak tebal. Dengan adanya hal ini para pembaca diharapkan dapat mengingat dan menyimpan informasi yang ada adalam flyer tersebut karena desain yang singkat padat tapi tetap informatif itu sendiri.

Nah, setelah penjelasan diatas kini anda sudah mengerti lebih dalam tentang flyer yang tentunya akan membantu dalam kegiatan berbisnis. Anda juga dapat menggali lebih dalam tentang desain dan bentuk flyer yang kini telah banyak beredar di internet agar lebih kreatif dan informatif.