Mencegah Lebih Baik dari Pada Mengobati, Terapkan 6 Hal Ini Akan Terhindar dari Infeksi Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Penularan virus Corona sampai saat ini memang terus terjadi dari satu orang ke orang yang lainnya, tanpa disadari. Hal ini jugalah yang membuat laju penderita Covid 19 senantiasa mengalami peningkatan, begitu juga dampak fatal seperti kematian. Jadi jangan diremehkan, karena Covid 19 ini sebenarnya beresiko tinggi dapat menyerang siapa saja di berbagai usia tanpa Anda sadari. Untuk itu sebisa mungkin ikuti himbauan yang diberikan oleh pemerintah di dalam penanganannya.

Di Indonesia sendiri per 15 April 2020 tercatat setidaknya lebih dari 2000 orang sudah terjangkit virus ini, jika dilihat bahkan dibandingkan dengan angka kesembuhan, sebenarnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut tergolong jauh lebih tinggi. Untuk itu maka patut bagi Anda mewaspadainya. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki sistem imuns atau kekebalan tubuh lemah. Tentunya resikonya sendiri akan lebih tinggi dibandingkan dengan kalangan yang memiliki daya tahan tubuh kuat.

Lalu sebenarnya adakah cara efektif yang dapat dilakukan agar bisa terhindar dari virus Corona tersebut, mengingat bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Berikut ini diantaranya yang harus Anda terapkan, yaitu:

  1. Cuci tangan dengan sabun, biasakan diri untuk menjaga kebersihan tangan Anda. Mengapa demikian? Karena tangan ini sebenarnya adalah sarana utama penyebaran penyakit, karena memegang berbagai macam benda, maka tidak heran jika seandainya beragam jenis kuman ataupun virus dapat menempel disana, termasuk Coronavirus ini. jika sudah menempel di tangan maka akan semakin mudah untuk masuk kedalam tubuh, baik itu lewat mulut, hidung maupun juga mata. Untuk itu maka ada baiknya untuk selalu mengupayakan mencuci tangan menggunakan sabun baik setelah ataupun sebelum melakukan sesuatu.
  2. Kurangilah kontak dengan orang yang sedang sakit, Anda tidak pernah tahu jenis penyakit apa yang diderita oleh seseorang tersebut, bisa jadi ia positif Covid 19, sehingga sebisa mungkin terapkan kebiasaan yaitu mengurangi kontak dengan orang yang sedang sakit secara langsung. Jika ada orang yang batuk, bersin atau sejenisnya, maka hendaknya Anda harus menjaga jarak, jangan sampai nantinya terkena droplet.
  3. Gunakan masker ketika Anda bepergian di luar rumah, masker ini juga termasuk sebagai sarana penting yang harus digunakan ketika Anda ingin keluar rumah. Karena ia sangat berguna di dalam mencegah nantinya ada droplet yang langsung masuk atau terhirup oleh hidung yang sebenarnya membawa virus ini. khususnya adalah bagi orang yang sedang sakit maka hukumnya wajib menggunakan masker sehingga tidak menularkan penyakit kepada orang lainnya.
  4. Masaklah daging dan juga telur sampai benar-benar matang, nyatanya virus yang satu ini juga dapat menempel pada makanan yang Anda konsumsi, untuk itu sangat dianjurkan untuk memasak produk layaknya daging dan juga telur sampai benar-benar matang untuk membunuh keberadaan dari virus dan juga bakteri sebelum nantinya dikonsumsi.
  5. Jaga daya tahan tubuh Anda tetap kuat, dengan kekebalan tubuh yang tetap kuat maka membantu melawan infeksi virus dengan sendirinya, langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini sebenarnya sangatlah mudah, yaitu olahraga secara teratur, kemudian juga imbangi dengan konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan istirahat dan juga cukupi asupan vitamin C dan D.
  6. Terapkan social distancing, karena sebenarnya Anda tidak tau jika seandainya orang yang ada di sekitar membawa virus tersebut, untuk itu selalu jaga jarak.

Terapkan mulai dari sekarang agar bisa terhindar dari infeksi virus Corona. Dapatkan lebih banyak lagi informasi kesehatan yang lainnya lewat situs resmi dari Halodoc.