Air merupakan unsur yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Hampir seluruh organ tubuh manusia membutuhkan air agar bekerja optimal dan mampu menunjang kegiatan sehari-hari.

Bahkan, kadar air di tubuh manusia berkisar di angka 50% – 60% tergantung berat dari tubuh. Kebutuhan air yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan berbagai komplikasi dan gangguan di beberapa organ tubuh [1].

Selain menjaga kinerja organ tetap bekerja, air putih juga memiliki beragam manfaat untuk bagian tubuh manusia lain salah satunya adalah kulit. Kurang mengonsumsi air putih dapat mengurangi kesehatan kulit secara berkala [2].

Kulit sendiri terdiri dari sel-sel dalam tubuh yang mayoritas terdiri oleh air. Struktur kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif dan salah satu syaratnya adalah terhidrasi dengan baik [3].

Manfaat yang didapatkan dari meminum air putih secara berkala untuk kulit pun sangat banyak. Apa saja keuntungan atau manfaat air putih untuk kesehatan kulit manusia?

  1. Mengurangi Iritasi

Biasanya kulit yang mengalami iritasi akan mengindikasikan gatal-gatal. Awal mula dari gejala ini adalah kulit yang kering dan berkerak sehingga memiliki rasa gatal.

Kulit yang kering cenderung membutuhkan jumlah air yang cukup agar membuat tekstur kulit lebih lembut dan alami. Indikasi kulit yang sehat adalah kenyal ketika disentuh, tidak ada kerak dan terhindar dari rasa gatal.

Iritasi kulit akan terasa bagi kamu yang mengabaikan kewajiban minum air putih yang cukup.

  1. Kulit Kencang

Idaman banyak orang adalah kulit yang kencang dan faktanya kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan minum air putih yang tepat dan rutin.

Cara terbaik untuk menjaga kulit kencang berasal dari manfaat air putih yang menjaga kelembapan kulit. Bagian kulit di rahang, perut, siku, dan kaki lebih sensitif serta membutuhkan asupan air yang cukup.

Manfaat air putih mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mempertahankan tekstur kulit yang kenyal serta bertekstur lembut [4].

  1. Memperlambat Penuaan

Selain keriput, minum cukup air dapat membantu menjaga kontur kulit tetap sempurna. Tekstur kulit yang mendapatkan asupan air cukup akan membantu memperlambat proses penuaan.

Salah satu tanda kulit mengalami penuaan adalah adanya keriput. Untuk mengurangi kerutan atau keriput di kulit dapat diminimalkan dengan asupan air putih yang baik serta zat dan gizi yang berimbang [5].

  1. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Kulit manusia memiliki banyak pori atau lubang yang meliputi seluruh area kulit. Seiring berjalannya waktu, pori-pori di bagian kulit bisa menjadi besar atau mengecil tergantung cara perawatannya.

Beberapa faktor turut menyumbang alasan di balik besarnya pori-pori kulit seperti jumlah minyak di wajah serta kelembapan kulit. Meminum air putih yang baik dan kaya akan kandungan dapat mengurangi ukuran pori-pori yang membesar [6].

  1. Mengurangi Jerawat

Masalah berikutnya yang terjadi di kulit, khususnya pada bagian wajah adalah jerawat. Konsumsi air putih dapat membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat hingga 70%. Hal ini disebabkan sifat air putih yang mampu memperlancar proses detoksifikasi.

Racun-racun dalam tubuh dan hormon yang menyumbang munculnya jerawat dapat dialirkan lebih cepat untuk proses pembuangan [5].

  1. Penyembuhan Kulit

Kulit juga menjadi pelindung pertama organ dalam manusia dari paparan partikel asing. Maka tidak aneh bila kulit mendapatkan berbagai luka maupun gejala ketika beraktivitas.

Baik tergores secara tidak sengaja atau mengalami beberapa insiden maka kulit bereaksi dengan melakukan regenerasi sel. Untuk proses percepatan penyembuhan kulit dapat kamu dorong dengan minum air putih yang cukup [5].

Kualitas air putih yang kamu minum juga memberikan manfaat yang lebih penting dan jelas. Sumber air, cara pengolahan, serta kandungan zatnya bermain peran penting untuk mendefinisikan air putih yang sehat.

Manfaat air putih yang baik dapat kamu rasakan di produk AQUA. Lebih dari 17 mata air pegunungan yang tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk memenuhi asupan air putih harian [7].

Terpercaya lebih dari 45 tahun, AQUA terus berkomitmen menghadirkan kesegaran mata air pegunungan hingga ke tangan pelanggan, Karena Kebaikan Berawal Dari Sini.

AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral terlindungi kepada masyarakat Indonesia.

Penuhi kebutuhan air mineral sebanyak 8 gelas per hari. Jadi, kamu sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.sehataqua.co.id/organ-organ-ini-tak-bisa-hidup-tanpa-air/
  2. https://www.sehataqua.co.id/3-manfaat-air-putih-untuk-kecantikan-kulit/
  3. https://www.bbc.com/future/article/20120903-is-drinking-water-good-for-skin
  4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-air-untuk-kecantikan-kulit/
  5. https://mannahydration.com/blogs/news/amazing-skin-benefits-from-drinking-water
  6. https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700279/apa-yang-terjadi-jika-kelembaban-kulit-hilang
  7. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/