Macam-macam Rehabilitasi

  • 2 min read
  • Sep 03, 2021
Rehabilitasi

Rehabilitasi merupakan segala tindakan fisik, latihan vokasional dan penyesuaian psikososial sebagai upaya untuk mendapatkan fungsi serta penyesuaian diri dengan maksimal. Dengan rehabilitasi ini diharapkan pasien dapat menjalani kehidupan yang layak sesuai kemampuan maupun ketidakmampuan mereka. Adapun macam-macam rehabilitasi yang perlu anda ketahui antara lain :

  • Rehabilitasi Medis

Rehabilitasi ini ditujukan untuk mereka dengan koordinasi gerakan, indra motorik, komunikasi serta masalah adaptasi sosial. Jenis rehabilitasi ini mencakup terapi wicara, fisioterapi, protesis ortotik dan terapi okupasi.

  • Rehabilitasi Pendidikan

Jenis rehabilitasi ini merupakan layanan bagi orang yang memerlukan pada bidang pendidikan pra akademik, yakni menulis, membaca dan berhitung. Fasilitas ini biasanya dipegang oleh sektor pemerintah dan swasta di bawah naungan Departemen Pendidikan.

Masing-masing karyawan rehabilitasi pendidikan bertindak sebagai konsultan, administrator, serta manajemen . Peran guru pendidikan menjadi mitra khusus yang berkontribusi dalam pelatihan dasar dan mendukung pelaksanaan pendidikan, khususnya apabila para pekerja belum hadir di sekolah.

  • Rehabilitasi Sosial

Mempunyai program untuk melaksanakan langkah-langkah rehabilitasi, contohnya seperti layanan rehabilitasi menggunakan mobil serta menyediakan layanan untuk masyarakat, khususnya di daerah pedesaan.

Jenis rehabilitasi ini memiliki tujua untuk meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, mencegah menurunnya keterampilan maupun kondisi sosial yang serius dibandingkan kondisi sebelumnya.

  • Rehabilitasi Berbasis Masyarakat

RBM merupakan layanan rehabilitasi yang memamaki sumber daya masyarakat. Adapun strategi ini dilakukan bertujuan untuk bisa melakukan layanan rehabilitasi dengan segera dan cara yang sama bagi mereka yang memerlukannya.

Adanya spesialis rehabilitasi saja tidak cukup untuk memenuhi keperluan 40 orang. Mereka yang memerlukan layanan khusus bukan hanya bertempat tinggal di kota. Sebab, dimana saja orang bisa berpotensi untuk mengalami kegagalan fungsi, khususnya bagi anak-anak yang memerlukan layanan khusus.

Layanan yang ditawarkan oleh spesialis pada dasarnya membutuhkan biaya lumayan tinggi, serta posisi layanan tersebut representatif. Disamping itu, anak-anak yang memerlukan layanan perlu segera diberikan perawatan setelah mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit.

  • Rehabilitasi Vokasional

Jenis rehabilitasi ini bertujuan untuk memberikan layanan di bidang keterampilan agar bisa menjadi pribadi yang profesional. Keterampilan yang diberikan kepada mereka disesuaikan dengan keterampilan yang mereka miliki dengan kondisi lingkungan masing-masing.

  • Rehabilitasi dalam Keluarga

Rehabilitasi ini merupakan model layanan rehabilitasi yang diberikan oleh para orang tua dari mereka yang mempunyai penyakit. Orang tua tersebut dilatih mengenai cara untuk menawarkan layanan pada keluarga atau anak-anak mereka yang memerlukan layanan khusus.

Orang tua yang sudah dilatih oleh tenaga profesional akan melakukan pelayanan bagi anak-anak mereka dengan bimbingan personel khusus. Maka dari itu, orang tua perlu memberikan layanan rumah yang memadai. Kemudian dilakukan penilaian bersama secara berkala serta memberikan perawatan setelah selesai melakukan perawatan.

  • Rehabilitasi Non Medis

Rehabilitasi ini merupakan pendamping dari rehabilitasi medis. Bisa diartikan rehabilitasi ini merupakan proses pemulihan yang mana tidak terdapat bahan dan alat yang digunakan, terlepas dari apa yang dilakukan dokter, tabib atau lainnya.

Dalam artian, rehabilitasi non medis ini merupakan upaya penyembuhan penyakit, baik penyakit mental, fisik atau moral tanpa menggunakan sarana medis.

Demikian macam-macam rehabilitasi yang sangat beragam. Masing-masing rehabilitasi ditujukan untuk orang dengan keluhan dan cara penanganan yang berbeda. Bagi anda yang ingin memperdalam informasi mengenai rehabilitasi maka anda bisa mengunjungi situs Ashefa Griya Pusaka. Anda bisa menemukan berbagai informasi penting terkait proses rehabilitasi untuk mendapatkan hasil terbaik.