Isotonik Bukan Cuma Minuman Segar tapi Juga Menyehatkan!

  • 3 min read
  • Apr 23, 2021
Isotonik Bukan Cuma Minuman Segar tapi Juga Menyehatkan

Minuman elektrolit adalah jenis minuman dengan kandungan mineral-mineral bermuatan listrik, misalnya Natrium, Klorida, Kalium, Magnesium, dan Kalsium, yang kemudian disebut sebagai elektrolit.

Zat-zat yang terkandung pada minuman segar inilah yang berperan penting dalam mengalirkan energi di dalam tubuh, sekaligus menjaga performa kita sehari-hari. Secara natural, kamu bisa mendapatkan elektrolit dari buah-buahan seperti semangka atau kelapa.

Jumlah elektrolit yang tepat dalam tubuh kamu diperlukan untuk kesehatan dan kinerja fisik yang optimal.

Apa Manfaat Elektrolit?

Air terdiri hingga 60 persen dari tubuh manusia dewasa. Ketika kamu kehilangan bahkan sejumlah kecil dari 60 persen ini, tubuh kamu tidak dapat menjalankan semua fungsi utamanya. Ketika kamu mengalami dehidrasi, elektrolit masuk untuk mengatur tingkat hidrasi. (1)

Dalam beberapa keadaan, kadar elektrolit dalam darah kamu bisa menjadi terlalu rendah, menyebabkan ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan elektrolit dapat berdampak buruk pada kesehatan kamu. Gejalanya bisa berupa:

  • Kelelahan
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Mati rasa dan kesemutan
  • Kelemahan otot dan kram
  • Sakit kepala
  • Kejang

Ketidakseimbangan elektrolit sering terjadi akibat dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, terutama selama olahraga, sakit, atau panas berlebih – saat itulah kamu cenderung kehilangan paling banyak cairan. (2)

Meskipun air minum secara teratur adalah persyaratan untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya ganti cairan yang hilang juga dengan elektrolit. Inilah beberapa alasannya:

  • Meningkatkan Kinerja Saat Berolahraga

Selama beraktivitas fisik, kamu membutuhkan cairan tambahan untuk menggantikan air yang hilang dalam keringat. Faktanya, kehilangan air sesedikit 1-2% dari berat badan kamu dapat menyebabkan penurunan kekuatan, kecepatan, dan fokus. Keringat juga mengandung elektrolit, termasuk sejumlah besar natrium, serta sejumlah kecil kalium, kalsium, dan magnesium.

Untuk mengganti elektrolit yang hilang dalam keringat, kamu disarankan untuk minum air yang diperkuat dengan elektrolit daripada air minum biasa saat berolahraga. Ini akan membantu meningkatkan fungsi jantung, otak, otot, dan sistem saraf kamu. (3)

  • Mendukung Fungsi Sistem Saraf

Kita semua dapat membayangkan atlet yang meminum minuman olahraga untuk memulihkan elektrolitnya yang hilang, tetapi atlet bukanlah satu-satunya yang perlu menjaga tubuh terhidrasi dan tingkat cairannya seimbang.

Memahami pentingnya hidrasi yang konsisten membuat kita tetap aman dan pada akhirnya lebih produktif. Bahkan sedikit penurunan dalam hidrasi dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif, konsentrasi dan kewaspadaan yang lebih rendah, dan waktu reaksi yang lebih lambat. Pada dehidrasi 3%, waktu reaksi kamu setara dengan seseorang dengan kadar alkohol dalam darah 0,08%.(3)

Sistem saraf kamu adalah kumpulan saraf yang kompleks dan sel khusus yang mengirimkan sinyal dari otak kamu ke bagian lain dari tubuh kamu. Elektrolit memainkan peran integral dalam proses komunikasi itu.

  • Sodium – memulai impuls listrik yang dibutuhkan sel saraf kamu untuk komunikasi yang tepat.
  • Kalium – menetralkan sel saraf sehingga dapat memulai kembali impuls listrik berikutnya.
  • Magnesium – memungkinkan transmisi impuls listrik yang efektif.

Inilah mengapa apa yang kamu konsumsi harus mencakup sumber natrium, kalium, dan magnesium yang cukup untuk memenuhi asupan harian yang kamu rekomendasikan untuk mendukung kelanjutan fungsi otak.

Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencapai ini adalah dengan mengonsumsi minuman yang diperkaya dengan elektrolit. (2)

  • Rehidrasi Selama Sakit

Dalam jangka pendek, muntah dan diare biasanya bukanlah kondisi yang serius. Namun, gejala yang parah atau terus-menerus dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi jika cairan dan elektrolit tidak diganti.

Dokter merekomendasikan minum air yang diperkuat elektrolit pada fase awal penyakit untuk mencegah dehidrasi.

Yang penting, minuman elektrolit mungkin tidak cukup untuk mengatasi dehidrasi parah. Jika penyakit berlangsung lebih dari 24 jam atau jika kamu tidak dapat menahan cairan, dapatkan bantuan medis. (3)

  • Mencegah Serangan Panas

Lingkungan yang panas membuat kamu berisiko terkena berbagai penyakit terkait panas, yang berkisar dari ruam panas ringan hingga sengatan panas yang mengancam jiwa.

Biasanya, tubuh kamu mengelola panas dengan melepaskannya “sistem pendingin” melalui kulit kamu dan dengan berkeringat.

Namun, sistem pendingin ini mungkin bisa gagal dalam cuaca panas yang sangat tinggi, menyebabkan suhu tubuh kamu naik ke tingkat yang sangat berbahaya.[1]

Kunci untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan panas adalah dengan membatasi waktu kamu dalam panas dan juga mendapatkan banyak cairan dan elektrolit sangat penting untuk membantu tubuh kamu tetap dalam suhu yang relatif sejuk.

Di lingkungan yang panas, air dengan elektrolit yang ditingkatkan direkomendasikan untuk hidrasi dibandingkan minuman lain karena kemampuannya untuk mengisi kembali elektrolit penting yang hilang dalam keringat. (3)

Nah, agar asupan elektrolit mu selalu terpenuhi, pastikan untuk selalu minum Mizone! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Dengan kadar elektrolit yang terpenuhi, kamu nggak cuma punya badan yang sehat, tapi juga fit dan lebih bersemangat dalam jalanin berbagai aktivitas.

Apalagi di zaman pandemi gini yang membuat kamu harus lebih berhati-hati dengan tingkat kesehatanmu. Dengan minum Mizone, kamu bakal jadi lebih terbantu deh untuk jaga kesehatan tubuh selalu oke!

Source:

  1. https://www.cdc.gov/healthywater/drinking/nutrition/index.html
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17277604
  3. https://health.clevelandclinic.org/electrolyte-drinks-beneficial-or-not/