Fakta Kirim Barang ke Malaysia Lewat Laut

  • 3 min read
  • Jan 26, 2021
Fakta Kirim Barang ke Malaysia Lewat Laut

Kirim barang ke Malaysia bisa melalui 3 jalur yakni darat (jika pengiriman dari Kalimantan), laut, dan udara. Tidak semua barang bisa dikirim dengan pesawat, begitu pula dengan kapal laut. Lantas bagaimana jika pengiriman barang menggunakan kapal? Apa yang membedakan dengan jalur lain?

  1. Biasanya lebih irit ongkos

Biaya sering menjadi alasan untuk pengekspor dalam memilih armada pengiriman. Maka dari itu tidak heran bisnis shipping masih berjalan hingga saat ini. Jika Anda ingin mengekspor barang dagangan, sebenarnya tidak salah untuk menggunakan kapal tapi ANda harus memperhitungkan durasi pengiriman yang lama. Kapal laut sangat memperhitungkan gelombang air laut dan cuaca, pergerakannya tidak secepat pesawat. Artinya membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tujuan.

  1. Cargo dengan ruang yang luas

Ruang cargo yang lebih besar daripada transportasi lain sangat penting untuk menjaga kualitas barang. Kendaraan seperti pesawat dan mobil memiliki ruang yang sangat sempit sehingga sering memuat barang dengan cara yang memaksa. Alhasil, barang tidak seperti aslinya dan ada perubahan bentuk.

  1. Fleksibel

Jika Anda pernah mendengar barang yang dilarang untuk diangkut ke pesawat, lain halnya dengan kapal laut. Anda bisa mengirimkan barang yang dilarang di pesawat dan menggantinya ke perjalanan laut selama masih legal. Barang yang diterima oleh kapal dan dilarang oleh pesawat yaitu:

  • Cairan kimia (parfum).
  • Bahan baku yang mudah meledak (seperti soda api).
  • Barang elektronik dan baterai yang masih aktif.

Ada faktor-faktor sains yang mengakibatkan pesawat tidak menerima segala jenis barang masuk ke dalam armada. Sementara kapal laut memiliki kondisi konstruksi yang berbeda dengan pesawat.

  1. Linier dan tramper, dua lini kapal yang harus Anda tahu

Meski kapal laut beroperasi di perairan laut dan samudera yang luas, ternyata mereka memiliki 2 jalur perjalanan yang berbeda. Rute linier biasanya dipatok biaya, tujuan dan mereka biasanya memiliki jadwal yang tetap. Keunggulannya, jika Anda seorang eksportir akan lebih mudah mengestimasikan waktu keberangkatan dan sampai ke tujuan.

Berbeda halnya dengan tramper yang jadwalnya tidak menentu. Iklim biasanya menajdi faktor pertimbangan mengapa mereka tidak bisa sampai ke pelabuhan dengan waktu yang sama. Biasanya ini terjadi di Negara-Negara dengan cuaca ekstrim seperti Argentina Selatan, Kutub Utara, dan Kutub Selatan, dll.

  1. Mudah menjangkau ke pulau-pulau terpencil

Kapal sangat mudah menjangkau ke daerah terpencil di pulau yang penduduknya sedikit. Begitu pula jika Anda tinggal di pulau yang sepi dan membutuhkan jasa pengiriman, maka tak ada salahnya memilih pengiriman via laut sebagai armada. Anda bisa bebas mengirim barang sebanyak mungkin karena ruang yang mereka sediakan sangat luas, dengan jenis yang tidak terbatas.

Percayakan pada kilo.id

Jika Anda eksportir pemula dan menganggap kapal laut bukan akomodasi yang tepat untuk mengirimkan komoditas, tak ada salahnya mempercayakan pengiriman pada kilo.id. Karena kilo.id adalah perusahaan jasa pengiriman yang bersedia mengirimkan barang hingga lebih dari 20 kilogram. Prosesnya aman, cepat dan bekerja sama dengan biro pengiriman terkenal seperti DHL, FEDEX, dan TNT.

Cara kirim barang kilo.id

  1. Hubungi cust service via aplikasi whatsapp ke link ini. Kemudian staf yang bertugas akan memperkirakan harga ongkos kirim. Pada tahap ini estimasi harga dapat berubah, karena dimensi barang juga menjadi pertimbangan.
  2. Lakukan pembayaran. Berbagai metode pembayaran bisa Anda pilih sesuai ketentuan yang berlaku. Jika pembayaran berhasil Anda berhak mendapatkan bukti pembayaran.
  3. Staff dari kilo.id akan mengurus dokumen yang diperlukan saat pengiriman barang.
  4. Staff yang bertugas menjemput barang dari alamat pengirim.
  5. Berat dan volume barang akan diukur untuk memastikan harga yang akurat. Pada tahap ini diharapkan pengirim barang menyediakan extra money agar proses pengiriman tidak terhambat.
  6. Jika biaya pengiriman dan dokumen sudah lengkap, paket siap dikirim. Selama pengiriman paket, penerima dan pengirim berhak melacak letak barang selama perjalanan. Hanya dengan mengetik https://kilo.id/site/tracking-shipment kemudian input nomor shipping pada kolom yang tersedia, memilih kurir, dan klik tombol ‘track’. Riwayat pengiriman akan terlihat secara otomatis pada layar.