Doa Selesai Shalat Terawih

  • PerfectGame
  • May 08, 2021
Doa Selesai Terawih

Terawih adalah salah satu sholat atau amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan. Agar ibadah yang dilakukan bisa mendapatkan pahala, Anda harus memahami petunjuk yang benar tentang shalat terawihh. Anda harus mengetahui dan bisa membaca beberapa bacaan shalat terawihh. Tetapi sebelum itu, Anda harus mengenal apa itu shalat terawihh terlebih dahulu.

  1. Apa itu Terawih?

Sholat Terawih adalah sholat berjamaah bersifat sunnah yang dilakukan pada malam hari selama Ramadhan. Sholat Terawih memiliki hadits, yang sangat dianjurkan. Pendekatan ini memiliki manfaat besar bagi pelaksana mana pun. Sejak shalat Terawih dilakukan selama Ramadhan, amalan ini memiliki keutamaan yang tinggi.

Menurut sebuah hadits, seseorang menjelaskan bahwa selama Ramadhan, umat Islam wajib berpuasa di siang hari dan shalat terawih di malam hari. Mereka yang telah melakukan shalat ini akan dibebaskan dari kejahatan yang dilakukan, baik itu kejahatan kecil maupun besar. Shalat ini hanya ada di bulan Ramadhan saja sehingga sangat istimewa.

  1. Keutamaan Shalat Terawih

Jika shalat Terawih dilakukan bersama seorang imam atau ustad, maka pahala shalat Terawih akan setara dengan melaksanakan shalat sepanjang malam. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan pengampunan dan berkah. Setiap Muslim akan bersaing satu sama lain bulan ini untuk lebih dekat dengan Allah. Selama bulan Ramadhan, shalat terawih yang dilaksanakan setiap malam dan setiap malam merupakan bentuk pengabdian kepada hamba untuk mencari ampunan, sekaligus sebagai bentuk pengabdian.

Jika kita rutin melaksanakan shalat terawih dalam bulan puasa atau Ramadhan ini, maka akan berdampak baik pada setiap sendi tubuh kita. Selain itu, setelah kita makan buka puasa, shalat terawih juga bisa membakar kalori. Keunggulan sholat terawih selanjutnya adalah mempererat tali silaturahim. Dengan melaksanakan sholat terawih berjamaah, secara tidak langsung kami menganut amalan yang dianjurkan oleh islam, yaitu silaturahmi.

  1. Doa Selesai Shalat Tarawih

Usai melaksanakan kedua amalan suci di atas, alangkah baiknya jika ditutup dengan doa. Doa setelah shalat terawih tentu berbeda dengan shalat lainnya. Berikut adalah doa selesai shalat tarawih yang bisa Anda hafalkan: Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya : Ya Allah. Sungguh kami berdoa untuk iman yang kekal, kami berdoa untuk hati yang istimewa, kami berdoa untuk ilmu yang berguna, kami berdoa untuk iman yang benar, kami berdoa untuk perbuatan keadilan, kami memohon kepadamu adalah keadilan, Allah yang membawa banyak manfaat, kami berdoa untuk pengampunan atas segala dosa dari Allah, kami berdoa untuk kesehatan kami yang sempurna, kami berdoa agar bisa memiliki harta yang barokah di dunia ini. Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah doa kami, puasa kami, doa malam kami, profesi kami, kerendahan hati kami, dan ibadah kami untuk Allah. Untuk menebus kelalaian atau kekurangan kita, orang yang paling penyayang di Allah, Allah, Allah, Allah, Allah.

Itu dia doa selesai shalat terawih yang bisa Anda ucapkan. Selamat beribadah.