Cara Merawat Wajah Agar Mempertahankan Kecantikan Kulit Anda

  • PerfectGame
  • Dec 28, 2022

Tak sedikit wanita yang berharap untuk tetap bisa memiliki wajah yang tampak muda dan cantik walau usia terus bertambah. Harapan ini bukannya tak mungkin, namun untuk mewujudkannya, Anda harus rutin dan konsisten menerapkan cara merawat wajah agar awet muda dan cantik. Salah satunya adalah dengan menerapkan skincare routine pada pagi dan malam hari menggunakan produk-produk perawatan wajah khusus anti-aging.

Cara Merawat Wajah agar Awet Muda dimulai dari Sekarang

Berapapun usia Anda, mulailah perawatan wajah dari sekarang. Jika Anda sudah memasuki usia 40 tahun dan baru tergerak untuk melakukan perawatan wajah anti-aging, tak ada kata terlambat. Lakukan secara rutin dengan menggunakan produk-produk skincare khusus anti-aging yang memenuhi kebutuhan kulit wajah Anda agar wajah tampak lebih muda dan kecantikannya terjaga. 

Supaya cara merawat wajah agar awet muda berlangsung efektif, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau mempelajari berbagai tips dan saran dari ahli yang terpercaya. Perlu Anda ingat bahwa kondisi kulit wajah setiap orang berbeda; walaupun ditujukan untuk wanita berusia 40 tahun dan melakukan perawatan anti-aging, namun Anda tetap perlu memilah tips yang didapatkan sesuai dengan kondisi kulit Anda. Pelajari tips perawatan anti-aging di bawah ini dan terapkan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda yang di lansir oleh Beauty Room:

Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Anda tak perlu berlebihan dalam membersihkan wajah, cukup dilakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari, bisa juga dilakukan setelah berolahraga atau saat wajah benar-benar kotor. Membersihkan wajah terlalu sering malah akan mengangkat minyak alami yang menjaga kelembapan kulit, membuat kulit wajah Anda yang sudah kering akibat faktor penuaan menjadi tambah kering.

Jika Anda menggunakan makeup sehari-hari, sebaiknya bersihkan dulu sisa makeup Anda sebelum membersihkan wajah. Gunakan pembersih makeup berbahan dasar minyak yang dengan lembut mengangkat sisa makeup dan tidak membuat kulit kering. Setelah itu, baru bersihkan wajah menggunakan cream cleanser atau milk cleanser untuk membersihkan semua kotoran yang menumpuk seharian serta residu dari pembersih makeup.

Jadikan Eksfoliasi sebagai Aktivitas Rutin

Cara merawat wajah agar awet muda yang juga harus Anda lakukan adalah melakukan eksfoliasi kulit secara rutin 2-3 kali seminggu pada malam hari. Ini perlu dilakukan karena dengan pertambahan usia, proses pergantian sel-sel kulit semakin melambat, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan membuat kulit wajah tampak kusam. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati tersebut sehingga sel-sel kulit baru dapat naik ke permukaan kulit. Tak hanya itu, eksfoliasi juga membantu kulit wajah tampak halus sehingga tampilan garis-garis dan kerutan tersamarkan.

Physical exfoliation menggunakan scrub tidak dianjurkan untuk perawatan anti-aging karena berpotensi membuat kulit lebih kering. Sebaiknya gunakan chemical exfoliation berbentuk acid, yaitu AHA dan BHA. Keduanya tak hanya mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, tapi juga membantu merawat kulit wajah secara keseluruhan. BHA atau salicylic acid, misalnya, dapat membantu mengatasi jerawat dengan efektif. Karena penggunaan chemical exfoliation membuat kulit menjadi sensitif terhadap cahaya matahari, maka pastikan kulit wajah Anda terlindungi dengan menggunakan sunscreen berspektrum luas.

Upgrade Perawatan Area Mata

Karena kulit di area mata kondisinya berbeda dari kulit wajah di area lain, maka perawatannya juga berbeda. Kulit area mata cenderung lebih tipis, sehingga lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, dan lingkaran hitam. Jangan paksakan merawat kulit area mata dengan krim pelembap untuk wajah, karena tidak akan efektif dalam mengatasi tanda-tanda penuaan tersebut.

Jika Anda sudah menggunakan krim mata sejak usia 20-an, maka sekarang upgrade krim mata Anda ke krim mata khusus anti-aging yang kaya nutrisi. Kandungan bahan aktif di krim ini membantu menghidrasi dan melembapkan kulit area mata serta mendorong produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan kencang, tampilan kerutan tersamarkan, dan lingkaran hitam berkurang. Terapkan cara merawat wajah agar awet muda dengan aplikasi krim mata pada pagi dan malam hari agar hasilnya optimal.

Pilih Krim Pelembap yang Multifungsi

Cara merawat wajah agar awet mudapada pagi dan malam hari biasanya berbeda walaupun ada beberapa produk skincare yang dapat digunakan untuk kedua waktu tersebut. Untuk krim pelembap tak bisa disamakan untuk penggunaan pagi dan malam hari karena memiliki fungsi yang berbeda. Krim pagi ditujukan untuk melembapkan dan melindungi kulit wajah, sementara krim malam ditujukan untuk melembapkan kulit wajah dan membantu proses pembaruan sel-sel kulit yang berlangsung saat Anda tidur.