Cara Menyikapi Amukan Bayi Bagi Para Ibu Muda

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Cara Menyikapi Amukan Bayi Bagi Para Ibu Muda

Orang tua dari bayi yang baru lahir menghabiskan tahun pertama kehidupan anak mereka untuk mengetahui suasana hatinya. Tetapi tepat di sekitar ulang tahun pertama mereka, sang bayi mulai menjadi lebih rentan terhadap kemarahan atau amukan, yang bahkan dapat membuat orang tua yang paling perhatian pun menjadi lengah. Seorang bayi yang senang dapat tiba-tiba dalam kehancuran total seperti saklar telah dibalik. Di tengah teriakan itu, penting bagi orang tua untuk tetap tenang, meskipun terkadang terasa sangat sulit. Frustrasi adalah akar dari kebanyakan amukan. Perlu waktu bagi seorang anak kecil untuk belajar bagaimana mengekspresikan diri, dan keterputusan antara apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka coba katakan biasanya adalah titik di mana amukan dimulai.

Penting bagi bayi Anda untuk memahami bahwa Anda peduli dengan kebutuhannya, sehingga selama ulah ini lakukan yang terbaik untuk merespons dengan tepat sambil mempertahankan batasan perilaku sehat untuk bayi Anda. Selama amukan, direkomendasikan agar orang tua pertama-tama mempertimbangkan apakah amukan benar-benar merupakan gejala dari sesuatu yang lain, seperti kelelahan atau kelaparan. Seringkali bayi yang terlalu bersemangat akan bertindak karena merasa kelelahan seperti yang dilansir dari kabar jabar hari ini terbaru.

Cara Mencegah Amarah Bayi

Kunci untuk mencegah amukan adalah dengan memperhatikan kebutuhan bayi Anda dan mengantisipasinya. Sekali lagi, mari kita tekankan bahwa ini tidaklah mudah, dan jika ibu atau ayah juga lelah dan frustrasi, itu bahkan lebih sulit.

Waktu bangun, waktu sarapan, waktu tidur siang, waktu tidur, dan lainnya, harus mengikuti pola yang sama sesering mungkin. Prediktabilitas ini memberi anak-anak kecil rasa aman, yang sangat menghibur. Pada hari-hari ketika Anda tahu rutinitas akan menyimpang, cobalah merencanakannya. Hal ini mungkin menjadi hadiah ekstra untuk perilaku yang baik, atau tidur siang dadakan jika bayi terlihat cerewet. Tentu saja, tidak ada metode yang sangat mudah untuk memastikan perilaku yang sempurna setiap saat, dan Anda mungkin akan menghadapi kemarahan di beberapa titik, terlepas dari seberapa keras Anda berusaha menghindarinya. Anak-anak memiliki bakat luar biasa untuk membuat ulah paling keras mereka di tempat umum seperti mall atau restoran.

Hal penting lain yang perlu diingat: Jangan biarkan bayi yang lebih besar atau balita menggunakan amukan atau perilaku yang tidak sopan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Jika Anda menyerah dan membeli mainan itu untuk berhenti menangis, Anda hanya akan memperkuat perilaku negatif ini. Jika Anda berpikir kemarahan bayi Anda berkepanjangan dan berbatasan dengan tidak terkendali, atau butuh waktu lama untuk menenangkannya, ini mungkin sesuatu untuk didiskusikan dengan dokter anak Anda, untuk memastikan tidak ada masalah yang berhubungan dengan kesehatan yang lebih besar.

Tetaplah Tenang (Walaupun Itu Mungkin Sulit)

Selain itu, pola pikir Anda dapat membantu memengaruhi cara Anda bereaksi. Miliki harapan yang sesuai untuk perkembangan bayi Anda. Bersabarlah dengan bayi Anda ketika dia berada dalam situasi baru atau dengan orang-orang baru. Pahamilah bayi Anda karena ia sedang mempelajari keterampilan baru dan cenderung frustrasi. Ini adalah tahap normal dari perkembangan setiap bayi, dan itu tidak berlangsung selamanya (meskipun kadang-kadang tampaknya tidak pernah berakhir). Dengan menjaga kepala tetap dingin dan menunjukkan kepada bayi Anda bahwa Anda peduli dengan kebutuhannya, Anda akan tahan terhadap amarah bertahun-tahun.

Demikianlah tips menghadapi amukan atau amarah si kecil, semoga anda dapat mempelajari dan memahami perilaku si kecil agar batin dan kepala anda tetap dingin.