Cara Menyembunyikan Aplikasi & Game di HP Xiaomi

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
Cara Menyembunyikan Aplikasi & Game di HP Xiaomi

Sebagai pengguna Xiaomi kamu pasti telah menginstall banyak aplikasi, terutama aplikasi yang membantu memperlancar komunikasi dan menunjang produktivitas kerja.Mulai dari aplikasi WhatsApp, browser, pemutar musik, instagram, Youtube, game maupun aplikasi yang lainnya. Setiap aplikasi yang terinstall pasti memiliki data penting. Contohnya aplikasi WhatsApp yang memiliki data berupa isi chat kamu dengan orang lain.

Nah sebagian orang tidak ingin data tersebut diketahui oleh orang lain. Sebagai pengguna Xiaomi, sebaiknya jangan terlalu khawatir karena MIUI telah dilengkapi fitur untuk menyembunyikan aplikasi maupun game. Selain menggunakan fitur bawaan, kamu juga dapat menyembunyikan aplikasi dengan bantuan aplikasi tambahan. Adanya fitur Hide App menjadi bukti bahwa smartphone asal China ini sangat peduli dengan privasi para penggunanya.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang saya kutip dari technokuy.com dapat diterapkan pada semua versi MIUI. Jadi, semua tipe HP Xiaomi dapat menggunakan cara di bawah ini.

  1. Menggunakan fitur App Lock

Metode pertama yang dapat kamu coba gunakan untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan bernama App Lock.

Cara menggunakan fitur App lock adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Setelan atau Settings.
  2. Kemudian scroll ke bawah, lalu buka menu “Setelan Aplikasi”.
  3. Selanjutnya buka opsi “Kunci Aplikasi”.
  4. Kemudian akan muncul halaman menu baru, disini silahkan tekan ikon gerigi (menu setelan) yang ada di bagian atas.
  5. Lalu aktifkan opsi “Apl tersembunyi”.
  6. Kemudian tekan opsi “Kelola apl tersembunyi”.
  7. Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang terinstall di HP Xiaomi kamu. Silahkan aktifkan tombol di sebelah ikon aplikasi yang ingin disembunyikan.
  8. Jika sudah, silahkan keluar dari halaman menu yang sedang dibuka. Sekarang aplikasi yang kamu pilih telah disembunyikan.

  1. Menggunakan Ruang Kedua

Ruang kedua merupakan fitur bawaan yang ada pada MIUI 9 dan versi seterusnya. Fitur ini memungkinkan kamu menggunakan 2 device dalam satu perangkat. Ruang kedua juga dapat dimanfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi serta game yang terdapat pada HP Xiaomi. Cara mengaktifkan fitur Ruang kedua adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Setelan atau Settings.
  2. Kemudian tekan menu “Ruang kedua”.
  3. Tunggu sejenak sampai proses loading selesai.
  4. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin diaktifkan pada Ruang kedua.
  5. Setelah itu, beri password pada aplikasi yang sudah dipilih.
  6. Selesai.

Seperti itulah cara mengaktifkan fitur ruang kedua. Bagi sebagian orang fitur ini sangat membantu, tetapi fitur ini memiliki kekurangan, yaitu ketika diaktifkan akan membuat kinerja HP Xiaomi menjadi lemot.

  1. Menggunakan App Hider

Tidak semua smartphone Xiaomi menggunakan MIUI sebagai user interface, contohnya pada Mi A1 dan Mi A2 yang menggunakan user interface Android one yang fitur bawaannya tidak selengkap MIUI.

Kalau kamu tidak menemukan fitur App Lock pada menu Settings Xiaomi, sebaiknya gunakan aplikasi App Hider untuk menyembunyikan aplikasi.

  1. Download aplikasi App Hider melalui Playstore, lalu install.
  2. Kemudian buka aplikasi App Hider.
  3. Tunggu sampai proses loading selesai.
  4. Selanjutnya tekan menu “Add App”.
  5. Lalu pilih aplikasi atau game yang ingin disembunyikan.
  6. Kemudian tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin disembunyikan tadi, lalu geser dan letakkan pada menu “Create Shortcuts”.
  7. Setelah itu, short cuts aplikasi tersebut akan muncul pada menu utama.

Cara kerja aplikasi App hider adalah membuat shortcuts yang memiliki tampilan sama persis dengan aplikasi yang disembunyikan. Untuk menyembunyikan aplikasi yang sebenarnya kamu cukup pindahkan aplikasi ke folder lain. Jadi, setelah aplikasi disembunyikan yang terlihat pada menu utama adalah shortcuts yang dibuat menggunakan App hider tadi.

Aplikasi App hider tidak membutuhkan akses root, jadi dapat diinstal pada semua perangkat Android. Tidak semua orang mengetahui cara menyembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi. Untuk itu bagikan artikel ini melalui akun sosial media agar lebih banyak yang mengetahui cara di atas.