Cara Menginstal Printer Canon

  • 2 min read
  • Jan 08, 2021
Menginstal Printer Canon

Bagaimana cara menginstal driver printer Canon? Banyak orang yang sering mengajukan pertanyaan ini ketika masih awal dan awam dengan jenis printer Canon.

Proses instalasi printer Canon memerlukan pengetahuan, penting bagi pengguna untuk memahami langkah-langkah spesifik yang dilakukan untuk instalasi berhasil.

Untungnya, proses ini dapat dilakukan secara mudah dan cepat bahkan bagi yang masih awam sekalipun.

Secara fisik, printer canon dapat terhubung ke perangkat komputer dalam beberapa cara.

Kebanyakan printer dilengkapi dengan konektor Universal Serial Bus atau sering dikenal sebagai kabel USB. Kabel ini memungkinkan koneksi melalui penghubungan pada salah satu port USB yang terletak di belakang komputer desktop.

Baca : Download Service Tool V3400

Pada komputer laptop, port USB yang sering ditemukan pada sisi mesin kanan atau kiri. Karena hanya dibutuhkan satu langkah, cara instalasi printer Canon menggunakan USB ini merupakan langkah yang cukup mudah.

Bagaimana Cara Instal Driver di Printer Canon ?

Semua printer Canon dikendalikan oleh driver. Driver printer adalah program sederhana yang mengirim data ke printer dalam bahasa kode dan dapat dipahami oleh perangkat printer.

Printer Canon hanya dapat bekerja dengan software printer Canon saja, sehingga sangat penting untuk memahami proses instalasi driver dan menginstal driver printer yang benar.

  1. Instalasi Driver Printer Canon Menggunakan Compact Disc

Setiap pembelian printer Canon, maka akan diberikan driver printer Canon berbentuk CD instalasi pada kotak kemasan (box).

Setelah membuka kotak yang berisi printer Canon, segera keluarkan driver CD printer Canon dan masukkan ke dalam CD ROM komputer.

Setelah melakukan ini, komputer secara otomatis akan mendeteksi isi CD, dan akan muncul pilihan instalasi driver di layar komputer. Kemudian ikuti langkah instalasi dengan mengeklik.

Setelah melakukan itu, tombol Start akan muncul, dan setelah mengklik proses instalasi akan berlangsung.

Setelah muncul konfirmasi mengatakan instalasi selesai, kamu dapat mengeluarkan CD dari ROM. Pada titik ini kamu sudah siap untuk menghubungkan komputer ke perangkat printer Canon yang dimiliki.

  1. Instalasi Driver Printer Canon Melalui Situs Web Canon

Jika CD instalasi Canon hilang atau rusak sehingga tidak dapat digunakan, kamu dapat menggunakan metode lain yaitu dengan mendownload driver printer Canon langsung dari situs web Canon di www.canon.com.

Setelah kamu berhasil masuk pada halaman website Canon, segera klik pada pilihan Dukungan, yang terletak di sisi kiri halaman website.

Setelah mengklik pilihan ini, kamu akan diminta untuk memilih wilayah tempat tinggal sesuai lokasimu, dan klik Next / Selanjutnya untuk melanjutkan proses instalasi.

Setelah itu, kamu akan dituntun ke halaman baru. Di sisi kiri, kamu akan melihat link untuk Drivers & Downloads.

Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya, dan kamu akan tiba pada pilihan scroll untuk memilih jenis printer Canon secara spesifik beserta modelnya.

Untuk melihat model, periksa model printer yang kamu gunakan atau lihat pada stiker kotak informasi pada printer canon.

Ketika pilihan untuk mendownload driver muncul, cukup ikuti langkah-langkah dan download program driver untuk Desktop kamu, di mana kamu dapat memulai proses instalasi.

Proses instalasi printer dan driver Canon berbeda sesuai dengan merek. Dengan demikian, cara instalasi driver printer Canon sangatlah unik.

Meskipun mudah, pengguna printer Canon harus memahami proses instalasi printer Canon ini agar printer dapat bekerja dan menghasilkan cetakan yang baik.