Cara Menerbitkan Buku di Gramedia, Terbaru Pakai Digital Publishing System Lebih Praktis dan Efektif!

  • 2 min read
  • Aug 25, 2021
Cara Menerbitkan Buku di Gramedia

Cara Menerbitkan Buku – Siapa yang tidak kenal dengan Gramedia? Tentunya, telah banyak yang familiar dengan penerbit mayor paling populer dan legend ini. Di ranah penerbitan konvensional, Gramedia sudah tidak diragukan lagi bahkan menjadi idaman para Penulis. Karena, cabang penerbitan dan toko-toko bukunya tersebar di seluruh Indonesia.

Hebatnya lagi, ternyata Gramedia tidak ingin stag dengan metode penerbitan yang konservatif. Bahkan, sanggup beradaptasi dengan perkembangan kemajuan zaman dan teknologi. Dibuktikan dengan platform Digital Publishing System (DPS) yang dirilisnya untuk memudahkan para Penulis dalam mengirimkan karya.

Cara menerbitkan buku dengan sistem tersebut, Anda cukup mengunjungi websitenya. Kemudian, mendaftarkan akun dengan mengikuti langkah-langkahnya mengisi berbagai identitas diri. Setelah selesai daftar, maka DPS sudah siap untuk Anda manfaatkan fiturnya. Salah satu keunggulannya, Anda tidak perlu bersusah payah print out naskah dengan mengirim secara offline yang menguras tenaga serta biaya.

Tidak pakai email yang ribet dengan berbagai format, dan kirim satu per satu. Cukup dengan memasukkan file penulisan ke dalam fitur yang telah disediakan, maka naskah Anda langsung terkirim ke beberapa penerbit yang terafiliasi dengan Gramedia group. Nah, untuk lebih jelasnya langsung cek di bawah ini Guys!

 Nih Keunggulan Mengirim Naskah Menggunakan DPS (Digital Publishing System) di Gramedia!

  1. Hemat waktu, tenaga, dan biaya. Karena, Anda tidak perlu print out naskah dan mengirimnya langsung secara offline.
  2. Tidak perlu kirim pakai email yang hanya bisa satu per satu dan menggunakan format ribet.
  3. Proses konfirmasi cepat dan efektif. Tidak memakan waktu lama seperti saat kirim melalui email yang harus menunggu sampai satu bulan. Sebaliknya, menggunakan DPS akan sangat efisien karena setelah Anda upload naskah ke website maka sistem langsung bekerja. Hanya menunggu beberapa jam saja, secara otomatis naskah langsung mendapat review apakah diterima atau ditolak sistem.
  4. Jika naskah ditolak, Anda tidak perlu upload file lagi ke website. Cukup langsung mengedit atau memperbaiki via website. Setelah selesai merevisi, Anda dapat mengajukan review kembali.
  5. Lebih transparan. Semua aktivitas penerbitan naskah Anda akan lebih transparan, karena bisa langsung dipantau via website. Bahkan, setiap melakukan tindakan apapun Anda akan diberikan notifikasi ke email yang tertaut dengan website DPS.
  6. Bisa dikirim ke banyak penerbit sekaligus / sekali upload, dalam ketentuan khusus penerbit yang terafiliasi dengan Gramedia group.
  7. Diterbitkan dalam banyak media baik secara cetak buku, POD (Print on Demand), hingga digital publishing.

 Nih Cara Menerbitkan Buku Menggunakan DPS (Digital Publishing System) di Gramedia!

  1. Kunjungi url website = dps.gramedia.com
  2. Klik Register
  3. Isi beberapa data yang diperlukan untuk pendaftaran seperti email, password, captcha
  4. Lalu, klik Register
  5. Setelah itu, akan dikirim notifikasi pengaktifan akun ke email yang Anda gunakan untuk daftar
  6. Buka pesan di email, klik url “Aktifkan Akun Saya”
  7. Maka, akun Anda sudah berhasil didaftarkan.
  8. Setelah itu, silahkan masuk ke url website = dps.gramedia.com
  9. Klik Login
  10. Setelah login, maka Anda akan diminta mengisi foto dan data diri secara lengkap. Ikuti panduan dan permintaannya.
  11. Setelah semua selesai. Maka, fitur sudah siap digunakan untuk mengirim atau upload naskah yang akan diajukan ke penerbitan.
  12. Pada dashboard website, pilih fitur Kirim Naskah
  13. Upload file naskah yang akan diajukan penerbitan, dan contreng beberapa penerbit yang ingin Anda kirim naskah.
  14. Lalu, ikuti beberapa data yang diminta sampai lengkap seperti sinopsis, dan lain-lain.
  15. Klik Selesai
  16. Berarti naskah Anda sudah berhasil dikirim ke penerbit. Tinggal tunggu hasil review dari sistem apakah karya Anda diterima atau ditolak.

 Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang cara menerbitkan buku di Gramedia melalui sistem DPS (Digital Publishing System). Sehingga, akan menjadi panduan untuk Anda dalam menerbitkan naskah secara praktis dan efektif. Dengan begitu, dapat menjadi jalan bagi kesuksesan Anda untuk meniti karir sebagai Penulis. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih.