Begini Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa Mudah

  • 3 min read
  • Dec 16, 2020
Begini Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa Mudah

Hasil akhir dari pembuatan briket bening sebagai bahan bakar alternatif. Briket arang tempurung kelapa sendiri umumnya digunakan untuk kebutuhan memasak hingga digunakan untuk proses pemanggangan dalam skala industri. Cara membuat briket arang batok kelapa pun terbilang mudah.

Briket arang tempurung kelapa ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan bakar konvensional lainnya, seperti menghasilkan tingkat panas yang tinggi, sangat ramah lingkungan, dan juga produk Go Green Energy.

Bahan bakar alternatif ini merupakan salah satu sumber energi yang dapat diperoleh dari biomassa digunakan sebagai energi alternatif, minyak bumi dan energi lainnya yang berasal dari fosil.

Briket dapat dibuat dari banyak bahan baku kami ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti batok kelapa, sekam padi, arang sekam, serbuk gergaji (sawdust), tongkol jagung, daun, dan lain-lain dll.

Pembuatan briket dilakukan dengan proses kontrol atau pemadatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan luas a biomassa yang akan digunakan sebagai energi alternatif, begitu pula dengan ukuran biomassa yang relatif kecil akan menghasilkan energi dalam jumlah besar.

Selain Bentuk biomassa menjadi lebih seragam, sehingga akan lebih mudah di dalam penyimpanan dan proses distribusi.

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

Salah satu populasi limbah padat kelapa memanfaatkannya sebagai bahan bakar alternatif. Salah satu bentuk penggunaannya adalah briket arang.

Briket adalah bahan blok yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menyalakan dan memelihara api. Berikut cara dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat briket batok kelapa:

Alat dan Bahan:

  • Batok kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air
  • Pipa/paralon

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa:

1. Pengarangan

Serbuk gergaji dan batok kelapa dibuat dari arang menggunakan arang manual (dibakar).

2. Pengayakan

Pengayakan dilakukan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan batok kelapa yang lembut dan halus. Serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa diayak menggunakan filter 50 mesh dan arang tempurung 70mesh.

3. Pencampuran

Arang gergaji, tempurung kelapa dan lem pati (campuran pati dan air) dengan perbandingan 10% serbuk gergaji dan 90% arang tempurung kelapa. Pada saat pengadukan, tambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari seluruh campuran serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa.

4. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan rata dimasukkan ke dalam cetakan briket dan diperas. Jemur sampai benar-benar kering. Setelah benar-benar kering, brket baru dapat digunakan.

Untuk pencetakan anda juga bisa menggunakan mesin briket yang mana akan mempermudah produksi briket anda.

Keunggulan Briket Arang Batok Kelapa

Berdasarkan penelitian, briket arang tempurung kelapa ini memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan briket yang terbuat dari arang kayu atau bahan bakar lainnya. Simak uraian berikut ini.

1. Energi Terbarukan

Jadi yang dimaksud dengan energi terbarukan adalah energi yang bisa kita peroleh dan berasal dari sumber daya alam, sekarang bahan baku ini adalah hasil dari proses alam yang berkelanjutan, jadi tidak akan ada habisnya karena selalu diproduksi oleh alam.

Briket arang tempurung kelapa ini termasuk dalam kategori Biomassa. Biomassa sendiri merupakan salah satu jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme hidup.

Beberapa contoh sumber biomassa termasuk bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan alkohol.
Panas maksimum yang dihasilkan.

Berbeda dengan briket batubara, ternyata tingkat panas yang dihasilkan briket arang tempurung kelapa ini cukup tinggi, mencapai 7000 kal. Jadi bahan bakar yang tinggi kalori membuat proses memasak kita lebih cepat matang dengan sempurna.

2. Tidak Beracun

Nah karena proses pembuatan briket arang batok kelapa ini memang dibuat dengan proses yang alami, maka briket ini aman untuk kita gunakan.

Ada bahan tambahan, hanya tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai perekat adonan briket. Karenanya, hal ini menjadikan briket arang tempurung kelapa sebagai bahan yang aman dan tidak beracun.

3. Tidak Berasap

Kalau dibakar biasanya arang akan mengeluarkan banyak asap, misalnya kita bisa melihat kalau kita memanggang sate pasti asap yang keluar banyak, padahal sate itu wangi.

Namun berbeda dengan briket arang tempurung kelapa ini. Pada saat dibakar asap yang dihasilkan sangat sedikit bahkan hampir berasap sehingga tidak mengganggu lingkungan.

4. Go Green Energy

Inilah salah satu keunggulan briket arang tempurung kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy adalah sebutan untuk sumber energi yang ramah lingkungan.

Ya, dengan keunggulan briket arang batok kelapa ini terbuat dari bahan baku kelapa dan juga aditif tepung tapioka, jadi jika dibakar tidak akan berasap, oleh karena itu briket arang batok kelapa ini sangat ramah lingkungan.

5. Pengganti Batu Bara

Jika kita sering melihatnya, biasanya bahan bakar yang digunakan terutama untuk industri adalah batubara. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batubara secara masif akan sangat merusak alam.

Selain itu, ternyata batu bara yang lebih cenderung dan tergolong beracun ini dihirup oleh manusia. Itu sebabnya briket arang tempurung kelapa bisa menjadi solusi bahan bakar alternatif untuk batubara.

6. Waktu Pembakaran yang Lama

Briket arang tempurung kelapa ini memiliki waktu pembakaran atau waktu pembakaran yang cukup lama, sekitar 2-3 jam non stop. Menjadikannya bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.

7. Sebagai Alternatif Pengganti Kompor Gas

Hampir semua dari kita selalu menggunakan kompor gas saat memasak, bukan? Apalagi sekarang harga gas terus naik dan kadang konsumsinya selalu menipis, kita frustasi.

Maka dari itu seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, kini beberapa produsen briket arang tempurung kelapa telah melihat potensi yang dimiliki dengan membuat kompor briket. Tujuannya untuk mengganti kompor gas yang digunakan rumah tangga hingga saat ini.