6 Perbedaan Utama Shared Hosting dan VPS yang Harus Anda Ketahui

  • 4 min read
  • Jan 14, 2021
Perbedaan Utama Shared Hosting dan VPS

Mulailah perjalanan hosting Anda hari ini karena kami mengungkapkan perbedaan utama antara shared hosting dan VPS. Menjadi tuan rumah bisa menjadi topik yang menakutkan. Jika Anda tidak terlalu paham teknologi, akan sulit untuk memahami sepenuhnya apa itu hosting, apalagi mengetahui jenis-jenisnya! Itu tugas kami untuk memperbaiki semua itu. Di Ahli Pembuat Situs Web, kami telah melewati pemblokiran beberapa kali, dan mengetahui semua trik perdagangan dalam hal hosting web.

Tidak hanya itu, kami juga melakukan penelitian kami sendiri di kehidupan nyata untuk membantu Anda memilih penyedia hosting yang tepat untuk kebutuhan Anda. Tapi mari kita mulai dari dasar.

Ada banyak jenis hosting yang berbeda, tetapi kami akan berfokus pada dua di antaranya: shared hosting dan hosting server pribadi virtual (VPS):

Cara lain untuk memahami perbedaannya adalah dengan menganggapnya seperti menyewa properti:

Dengan shared hosting, Anda ‘berbagi’ ruang di server dengan situs lain. Ini seperti menyewa kamar di rumah bersama – Anda punya area kecil sendiri, tetapi Anda adalah bagian dari ruang komunal yang lebih besar.

Shared hosting adalah jenis yang paling murah. Memang ada manfaatnya, tetapi tentu saja, terkadang hal-hal bisa menjadi sedikit sempit.

VPS hosting adalah tempat Anda memiliki lebih dari satu server. Ini dapat dianggap seperti menyewa apartemen di blok bangunan – lebih banyak kamar, lebih banyak ruang, lebih banyak fleksibilitas, dan sedikit lebih mahal. Anda memiliki tingkat kontrol yang lebih besar, tetapi Anda masih beroperasi dalam server bersama dengan orang lain.

Umumnya, shared hosting ditujukan untuk situs statis – dengan kata lain, situs web dengan konten tetap yang tidak berubah, siapa pun yang mengunjunginya. Hosting terbaik untuk situs pribadi mendapatkan banyak fitur, keamanan yang tangguh, atau kecepatan pemuatan yang sangat cepat, tetapi sekali lagi, Anda tidak benar-benar membutuhkan semua itu.

Hosting VPS merupakan langkah maju, dan ideal untuk bisnis kecil, toko online, dan situs pribadi yang lebih besar. Anda akan melihat peningkatan fitur, keamanan, dan kinerja, semuanya dengan kenaikan biaya yang sangat wajar.

Hosting VPS juga bagus jika Anda ingin mengembangkan situs Anda. Anggap saja sebagai investasi – Anda ingin memilih rencana yang sesuai dengan ambisi Anda, bukan hanya satu untuk saat ini.

Sepanjang artikel ini, kami akan membahas pro / kontra utama, dan menunjukkan kepada Anda penyedia berperingkat teratas untuk setiap jenis hosting. Kami juga akan membahas area utama yang harus diperhatikan, menilai perbedaan utama, dan menentukan jenis hosting yang tepat untuk Anda: shared hosting atau hosting VPS.

  1. Alokasi sumber daya

Setiap orang membutuhkan sumber daya tertentu. Paket seluler Anda, misalnya, dilengkapi dengan batasan yang ditetapkan untuk panggilan, teks, dan data. Hosting itu sama, kecuali sumber dayanya seperti ruang penyimpanan dan memori.

Seperti namanya, pada paket shared hosting, Anda berbagi sumber daya dengan situs lain di server Anda. Jika satu situs web menggunakan terlalu banyak bandwidth, situs lain semuanya menderita. Rasanya seperti ingin memasak di dapur bersama Anda ketika semua kompor sudah diambil.

VPS hosting tidak terlalu terbatas. Karena Anda memiliki porsi yang lebih besar dari perangkat keras server, Anda memiliki lebih banyak sumber daya. Anda juga akan mendapatkan akses root melalui lingkungan server, yang pada dasarnya berarti Anda dapat menginstal perangkat lunak tambahan dan mengedit file apa pun di server.

  1. Keamanan

Kami ingin memulai dengan mengatakan bahwa, sebagian besar, shared hosting sangat aman. Penyedia melakukan banyak hal terkait keamanan mereka, tetapi tidak ada jaminan. Ini, sekali lagi, tergantung pada situs lain yang Anda bagikan server.

Jika satu situs membuat kesalahan dan memiliki pelanggaran keamanan, setiap situs di server tersebut menjadi rentan. Anda dapat mengunci kamar tidur Anda, tetapi jika salah satu teman serumah Anda membiarkan pintu depan terbuka, Anda tetap berisiko!

VPS hosting lebih aman. Sebagai permulaan, Anda berada di server dengan pengguna VPS lain, yang berarti setiap orang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Anda juga memiliki lebih banyak suara atas perlindungan Anda sendiri, seperti bagaimana Anda bebas memasang CCTV dan alarm di apartemen Anda sendiri. Tidak perlu panik, bahkan jika seseorang membiarkan pintu masuk ke blok Anda terbuka.

  1. Performa

Anda dapat memiliki semua sumber daya dan keamanan di dunia, tetapi yang paling diperhatikan oleh pengunjung Anda adalah seberapa lancar situs Anda berjalan. Hal-hal seperti jumlah bandwidth yang Anda dapatkan akan bervariasi dari satu paket ke paket lainnya, sementara waktu aktif berbeda tergantung pada penyedia yang Anda pilih.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari semua pengguna internet mengharapkan halaman web dimuat dalam dua detik atau kurang. Dengan mengingat hal itu, Anda pasti ingin membuat rencana yang dapat menangani gelombang lalu lintas yang lebih besar, tanpa mengorbankan kecepatan pemuatan.

  1. Konfigurasi dan Kustomisasi

Konfigurasi hosting Anda (atau dengan kata lain, penyiapan) biasanya diatur untuk Anda. Pada paket shared hosting, semua konfigurasi diurutkan berdasarkan penyedia Anda, yang berarti Anda dapat melanjutkan dengan hal-hal yang lebih penting.

VPS sedikit lebih kompleks. Ada dua jenis hosting VPS: Dikelola dan Tidak Dikelola. Paket terkelola sama dengan shared hosting, dalam hal proses penyiapannya diatur untuk Anda. Dengan Tidak Dikelola, itu terserah Anda – meskipun ini hanya cenderung digunakan oleh pengembang dan pakar.

Dalam hal penyesuaian, ada perbedaan yang jelas antara kedua jenis hosting tersebut. Untuk menjelaskannya, mari gunakan paket seluler Anda sebagai contoh lain. Meskipun shared hosting telah menetapkan batasan yang tidak dapat Anda lampaui, seperti menit panggilan dan jumlah data, hosting VPS memungkinkan Anda menyesuaikan paket Anda, sehingga Anda dapat mengubah batas Anda setiap bulan.

  1. Skalabilitas

Cara melihat perbedaan antara shared hosting dan VPS terbaik adalah dengan memutuskan apa ambisi Anda. Jika Anda memiliki situs web kecil yang hanya mendapatkan beberapa ratus pengunjung per minggu, dan Anda tidak berencana untuk meningkatkan terlalu banyak, shared hosting adalah pilihan yang tepat.

Masalah mulai menjalar ketika situs web Anda berkembang. Jika jumlah pengunjung Anda berubah dari ratusan menjadi ribuan, beranda bagus Anda bisa berubah menjadi pesan kesalahan.

Hosting VPS dapat berkembang bersama Anda; jika Anda adalah bisnis kecil, membayar beberapa dolar ekstra sebulan pada tahap ini memberi Anda kelonggaran. Tentu, tinggal di rumah bersama tidak masalah jika hanya Anda, tetapi ketika Anda mendapatkan pasangan, segalanya bisa menjadi sedikit sempit!

  1. Harga

Sekarang hal-hal teknis sudah selesai, ini menjadi pertanyaan penting: berapa biaya semua ini?

Nah, hal pertama yang perlu disebutkan adalah bahwa shared hosting dan VPS hosting hadir dengan tingkat harga yang berbeda. Secara alami, semakin mahal paket yang Anda pilih, semakin banyak hal di atas yang Anda dapatkan (sumber daya, keamanan, kinerja, dll.).