5 Tips Membuat Makalah

  • 2 min read
  • Jan 08, 2021
Tips Membuat Makalah

Apakah kamu termasuk pelajar yang sering dapat tugas membuat makalah dan selalu dibuat pusing dengan tugas tersebut? Memang tugas membuat makalah ini tidak bisa dibilang gampang, tetapi tidak bisa juga dibilang susah, apalagi jika kamu tahu tips-tipsnya. Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana caranya membuat makalah tanpa ribet, yuk simak 5 tips membuat makalah berikut.

Ketahui Kemauan Guru atau Dosen

Pada tips pertama, yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dulu sebenarnya bagaimana kemauan guru atau dosenmu. Biasanya, setiap dosen atau guru mempunyai standar yang berbeda-beda dalam mengajar siswanya, sehingga mereka juga akan memberikan tugas yang sesuai dengan standar mereka.

Ada guru atau dosen yang lebih suka jika makalah yang ditulis oleh siswa mempunyai isi yang padat dan lengkap. Tetapi, ada dosen atau guru yang menginginkan siswanya menulis makalah yang singkat dan tak perlu bertele-tele. Jika kamu tahu kemauan guru atau dosenmu, maka ini akan membuatmu jadi lebih mudah mengonsep makalah dan mempermudah proses penulisan nantinya.

Tentukan Topik dan Mulai Cari Data

Jika kamu sudah paham betul apa yang diinginkan oleh gurumu, berikutnya mulailah untuk menentukan topik apa yang akan kamu bahas. Dalam memilih topik, pastikan kalau kamu paham dan mengerti akan topik tersebut, sehingga kamu tidak akan kesusahan dalam mengerjakannya.

Lalu, mulailah juga untuk mencari dan mengumpulkan data. Cara untuk mengumpulkan data tentunya berbeda-beda sesuai dengan jenis penelitian. Beberapa caranya bisa dilakukan dengan melakukan wawancara, membagikan kuisioner, maupun dengan mencari referensi dari buku atau sumber terpercaya lainnya.

Tidak Harus Memulai dari Pendahuluan

Mungkin selama ini kamu sudah tahu kalau urutan isi makalah terdiri dari judul, abstrak (opsional), pendahuluan, metode penelitian, isi, dan kesimpulan. Akan tetapi, dalam proses pengerjaannya, kamu bisa untuk tidak memulainya dari pendahuluan. Akan lebih mudah jika kamu menulis bagian isi terlebih dahulu karena itu adalah inti dari makalah.

Jika kamu menulis dari pendahuluan terlebih dulu, butuh waktu yang lama pastinya untuk menyelesaikannya, karena kamu sendiri masih belum tahu seperti apa isi dari makalah tersebut. Sehingga, tidak akan masalah jika kamu tidak mengerjakannya sesuai urutan, asalkan memang itu bisa membuatmu lebih mudah dalam mengerjakan.

Perhatikan Cara Mengutip yang Benar

Makalah yang baik adalah makalah yang dilengkapi dengan dukungan sumber-sumber yang terpercaya dan dikutip dengan benar. Sering kali siswa banyak mengalami koreksi dari gurunya hanya karena caranya yang salah dalam mengutip. Dalam mengutip, lebih baik untuk melakukan penulisan ulang dengan kalimat sendiri atau parafrase, kemudian cantumkan pula sumbernya sesuai dengan kaidah penulisan kutipan yang tepat.

Lalu, akan lebih baik lagi kalau kamu menambahkan pendapat pribadimu setelah ataupun sebelum kutipan. Dengan begitu, kutipan yang kamu tulis pun tidak hanya berguna sebagai penambah jumlah kata saja.

Jangan Lupa untuk Membaca Ulang Setelah Selesai

Jika makalah sudah selesai ditulis, jangan lupa untuk membaca ulang setiap bab yang ada. Biasanya, dalam pembacaan ulang ini akan ada salah ketik, kalimat yang kurang koheren, dan kesalahan lainnya yang mungkin belum kamu sadari saat menulis. Proses membaca ulang ini juga akan membantu makalahmu jadi lebih sempurna.

Itu tadi 5 tips membuat makalah yang patut sekali untuk kamu coba supaya tidak lagi pusing kalau mendapatkan tugas seperti ini. Jika kamu masih merasa kesulitan, cobalah untuk sharing dengan teman sekelas atau ke perpustakaan untuk melihat contoh makalah, sehingga beban pekerjaan bisa jadi lebih terasa ringan.