5 Keuntungan Memiliki Hp dengan RAM Besar

  • 3 min read
  • Aug 26, 2021
Xiaomi Mi 10t

Di pasaran sekarang ini, ponsel yang menawarkan beragam spesifikasi tinggi sedang laris, salah satunya adalah Xiaomi Mi 10t . Ditambah lagi sekarang ini produsen smartphone mulai menjamur dan bersaing, sehingga sudah banyak beredar ponsel pintar dengan harga yang cukup terjangkau.

Bahkan harga terjangkau dikombinasikan dengan desain yang menarik, layar yang full view, kamera mumpuni dan juga penggunaan chipset terkini seperti snapdragon sampai dengan baterai berkapasitas besar yang bisa bertahan seharian, menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak hanya itu saja, sekarang ini yang menjadi pertimbangan banyak orang ketika memilih ponsel pintar adalah RAM yang besar. Banyak orang yang menganggap bahwa ponsel pintar yang memiliki RAM yang besar dapat mendukung kinerja dan juga performnya dengan lebih baik.

Namun apa itu RAM ? RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory yang memiliki tugas untuk menyimpan data sementara. Dalam hal kinerja prosesor, RAM sangat berperan penting untuk sebuah perangkat.

Agar processor dapat bekerja maksimal dan dapat menghasilkan performa yang baik, maka besaran RAM yang dibutuhkan akan sangat membantu untuk meningkatkan performanya. Maka dari itu, jangan heran jika sekarang ini banyak ponsel pintar yang memiliki RAM yang cukup besar.

Lalu, apa keuntungan lainnya jika ponsel pintar menggunakan RAM yang besar? Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memiliki ponsel dengan RAM berukuran besar, seperti tidak lag, dapat menggunakan beberapa aplikasi sekaligus tanpa hambatan yang fatal.

Agar lebih jelas perhatikan keuntungannya dibawah ini :

Smartphone Akan Ringan dalam Hal Kinerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa RAM memiliki peran penting dalam mendukung sebuah kinerja prosesor. Dengan kapasitas RAM yang besar dapat dengan mudah memproses data sementara yang dibutuhkan processor untuk kinerja yang lebih baik.

Jika RAM yang digunakan kecil, processor terbaik dan terbaru sekalipun tidak akan bekerja dengan baik jika tidak dilengkapi dengan RAM yang besar. Maka kesimpulannya adalah semakin besar kapasitas RAM maka semakin powerfull dalam hal kinerja.

Bisa Multitasking dengan Baik

Pengguna ponsel pintar saat ini sangat aktif dalam hal multitasking dan ini bukan hal asing,mungkin sudah menjadi kebiasaan. Umumnya pengguna sekarang itu membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan tanpa menutupnya, sehingga aplikasi berjalan di latar belakang.

Aktivitas multitasking seperti ini RAM dan juga processor akan terbebani, kenapa? Karena transfer data yang dilakukan secara bersamaan, sementara kapasitas yang dimiliki  RAM tidak memadai. Nah, yang membedakan dengan RAM yang besar, anda bisa melakukan aktivitas multitasking dengan sangat lancar dan juga mengurangi beban yang ditanggung ponsel anda.

Dapat Mendownload Aplikasi Tanpa Hambatan

Jika anda menggunakan ponsel pintar dengan kapasitas RAM yang kecil, maka proses download sangat terbatas dan tidak bisa mendownload banyak aplikasi. RAM kecil ini tidak hanya soal menampung aplikasi, tapi juga akan membenani ketika aplikasi tersebut dijalankan.

Apalagi yang namanya aplikasi selalu ada update-an dari developernya. Berbeda jika anda memiliki ponsel pintar dengan RAM yang besar, maka anda bisa dengan mudah download dan instal aplikasi tanpa takut RAM merasa terbebani.

Main Game Tidak Ada Gangguan

Lag adalah sebuah keadaan dimana rasa menyebalkan tidak bisa dibendung, apalagi jika anda sedang main bareng bersama teman-teman. Pastinya lag akan buat jengkel. Apa sih penyebab dari hp lag tersebut?

Penyebabnya adalah kapasitas RAM yang digunakan sangat kecil, ketika anda memaksakan ponsel anda yang dilengkapi dengan RAM kecil dipaksa untuk memainkan game berkualitas HD, maka lag pasti akan anda dapatkan atau bahkan mungkin akan terjadi force close.

Berbeda jika anda menggunakan ponsel pintar dengan RAM yang besar, aktivitas game akan menjadi lebih lancar dan jauh dari kata lag.

Tidak Perlu Khawatir dengan Aplikas yang Besar

Ketika anda akan download aplikasi dengan ukurannya yang besar, maka kekhawatiran akan lag dan berat pasti terjadi ketika RAM yang dimiliki terlalu kecil. Karena aplikasi yang berukuran besar akan mengkonsumsi RAM cukup besar.

Sehingga jika RAM yang digunakan tidak support karena terlalu kecil, maka aplikasi tidak akan berjalan dengan lancar. Sebaliknya jika menggunakan RAM yang berukuran besar, maka kapasitas aplikasi bukan lagi masalah yang serius.

Intinya besar dan kecilnya kapasitas RAM akan membantu dan mendukung kinerja processor menjadi lebih baik. Khususnya untuk penggunaan multitasking. Karena RAM dengan kapasitas besar akan memberikan pengalaman multitasking yang lebih baik dan lancar dan juga dapat memaksimalkan kinerja processor menjadi lebih cepat dalam memproses data yang masuk.

Nah itu adalah beberapa keuntungan dari ponsel dengan RAM yang besar, agar bisa berjalan dengan baik tentunya dibutuhkan Ram yang besar untuk media penyimpanan sementara. Apalagi jika ponsel lebih sering digunakan untuk main game dengan kualitas grafis 3D, tentu saja wajar jika membutuhkan RAM yang besar.

Karena memiliki RAM besar, maka pengalaman bermain game juga akan lebih berwarna dan berbeda. Tidak hanya kinerja, besarnya kapasitas RAM juga akan berpengaruh kepada kualitas tampilan di layar.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda yang sedang mencari ponsel pintar. Jika anda Ingin punya hp dengan RAM besar. Maka xiaomi mi 10T punya RAM 8GB yang bisa dibeli di Blibli.

Bahkan harga di Blibli ditawarkan spesial untuk anda, disana juga anda bisa melihat spesifikasi secara detail dari mulai processor, ukuran layar, kapasitas baterai, varian warna, fitur pendukung lainnya.